Sumbar diguncang delapan kali gempa dalam sepekan terakhir

id berita padang, bmkg, gempa bumi

Sumbar diguncang  delapan kali gempa dalam sepekan terakhir

Terdapat delapan kali gempa di Sumbar dan sekitarnya sejak sepekan terakhir (Antara/ist)

Padang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Padang Panjang, Sumatera Barat mencatat terdapat delapan kali kejadian gempa di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) dan sekitarnya sejak sepekan terakhir.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Padang Panjang Mamuri saat dihubungi dari Padang, Sabtu menyebutkan tercatat sebanyak delapan kali kejadian gempa bumi di wilayah Sumbar dan sekitarnya yang terhitung sejak 21 hingga 28 Mei 2020.

Lebih lanjut ia menyebutkan dari delapan kali kejadian gempa bumi yang tercatat oleh stasiun geofisika Padang Panjang, terdapat satu kali kejadian gempa bumi yang dirasakan.

"Yaitu di Tua Pejat yang dirasakan III MMI pada Jumat (22/05), 17.36 WIB dengan koordinat terdapat di -2.39 LS- 99.58 BT dengan kedalaman 28 Km dan 5.3 Skala Magnitudo," kata dia.

Kemudian ia mengatakan gempa bumi yang terjadi sejak 21 sampai 28 Mei 2020 merupakan gempa bumi dengan magnitudo M < 3 sebanyak satu kali kejadian dan magnitudo < M 3 SR sebanyak tujuh kali kejadian.

"Dari delapan kali gempa bumi tersebut empat diantaranya merupakan gempa bumi darat dan empat lainnya gempa bumi laut," ujar dia.

Yaitu tiga gempa lainnya berlokasi di daerah Sumatera barat, dua gempa berlokasi di Sumatera Utara dan dua gempa berada di Provinsi Jambi dan satu gempa yang berlokasi di Bengkulu, katanya. (*)