Tak hanya jalankan protokol kesehatan, kunjungan di Lapas Talu dibatasi dengan komunikasi video

id Antisipasi COVID di lapas,Lapas Talu,pandemi covid-19,pasaman barat

Tak hanya jalankan protokol kesehatan, kunjungan di Lapas Talu dibatasi dengan komunikasi video

Lembaga Permasyarakatan Kelas III Talu Kabupaten Pasaman Barat menjalankan protokol kesehatan untuk antisipasi COVID-19. Diantarannya adalah setiap tamu atau petugas wajib pakai masker, masuk bilik sterilisasi, ukur suhu badan dan cuci tangan pakai sabun.

Simpang Empat,- (ANTARA) - Lembaga Permasyarakatan Kelas III Talu Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) jalankan protokol kesehatan pengamanan pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19).

"Pencegahan sudah kami jalankan. Mudah-mudahan kita berharap tidak ada yang terpapar COVID-19," kata Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas III Talu, Donni Isa Dermawan di Simpang Empat, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya juga telah menjalankan protokol kesehatan di Lapas kelas III Talu.

Di antara protokol kesehatan yang dijalankan adalah bagi petugas dan tamu kunjungan dinas diwajibkan memakai masker dengan melewati alur protokol kesehatan yang telah disiapkan.

"Tamu yang datang terlebih dahulu masuk bilik sterilisasi yang telah disiapkan di luar Lapas, mencuci tangan di wastafel yang sudah disiapkan, pengecekan suhu tubuh (thermogun) dan memakai hand sanitizer di ruangan di penjaga pintu utama," katanya.

Selain itu juga wajib menjaga jarak atau phisycal distancing, penyemprotan desinfektan di seluruh ruangan dan kamar hunian warga binaan pemasyarakatan.

"Untuk kunjungan terhadap warga binaan permasyarakatan tidak diperbolehkan kontak langsung dan digantikan dengan menyiapkan perangkat komputer untuk kunjungan secara virtual (Video Call)," tegasnya.

Kemudian pihaknya memutuskan untuk saat ini tidak menerima tahanan baru dan cuma dititipkan di Polres atau Polsek yang ada sebagai antisipasi COVID-19.

Ia menyebutkan untuk langkah antisipasi pihaknya juga menyiapkan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, sarung tangan kesehatan, thermogun dan APD lengkap seperti face screen, baju pelindung diri, sarung tangan, helm da sepatu bot.

"Untuk menjaga kesehatan petugas dan warga binaan kami juga berkoordinasi dengan pihak Puskesmas Talu," katanya.

Saat ini warga binaan permasyarakatan Talu berjumlah 80 orang dan yang dititipkan di Polres sekitar 39 orang. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar