Kepala LLDIKTI X sebut 36,29 persen dari jumlah PTS di wilayah kerjanya merupakan PT kesehatan

id berita padang,berita sumbar,LLDIKTI,pragram studi kesehatan,herri,pts

Kepala LLDIKTI X sebut 36,29 persen dari jumlah PTS di wilayah kerjanya merupakan PT kesehatan

LLDIKTI Lakukan pertemuan melalui konferensi video. (antarasumbar/Istimewa)

Kemudian dilihat dari peringkatnya, jumlah program studi (Prodi) yang terakreditasi B sebanyak 139, dan 39 Prodi lainnya terakreditasi C,
Padang (ANTARA) - Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X Prof Herri menyebutkan terdapat 36,29 persen dari jumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di wilayah kerjanya (Sumbar, Jambi, Riau dan Kepri) merupakan perguruan tinggi (PT) kesehatan dengan jumlah mahasiswa sekitar 27.025 orang.

"Kemudian dilihat dari peringkatnya, jumlah program studi (Prodi) yang terakreditasi B sebanyak 139, dan 39 Prodi lainnya terakreditasi C," katanya di Padang, Sabtu.

Hal itu disampaikan pada saat video konferensi bersama sejumlah PTS di wilayah kerjanya.

Ia menyebutkan sebelumnya masih berstatus tidak terakreditasi yang disebabkan oleh Prodi masih baru dan atau prodi merger atau penggabungan perguruan tinggi.

Untuk itu, ujar dia selain peningkatan mutu akademik, perguruan tinggi juga terus mengupdate data dan informasi pada laman Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI).

"Kecukupan atas data dan informasi itu akan dinilai dan dievaluasi oleh asesor," kata dia.

Sementara Direktur Akreditasi LAM-PTKes Prof Sutrisno Sumarjo sebagai narasumber kedua menyebutkan proses akreditasi tatap muka ditunda hingga kondisi Indonesia aman.

"Sekarang proses akreditasi mulai dari registrasi, fasilitasi, akreditasi, validasi, surveilans sampai sidang majelis dilakukan secara daring," jelas dia.

Sedangkan untuk masa berlaku akreditasi, Sutrisno menyampaikan bahwa LAM-PTKes akan menginformasikan kepada perguruan tinggi bahwa masa akreditasi program studi akan berakhir setahun sebelum kedaluwarsa.

Demikian disampaikan Ketua LAM-PTKes, Prof Usman Chatib Warsa saat diskusi tentang “Kebijakan Akreditasi Prodi Kesehatan LAM-PTKes pada Masa Pandemi Covid-19” secara daring bersama Kepala LLDIKTI Wilayah X dan pimpinan PTS kesehatan di wilayah Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Direktur Akreditasi LAM-PTKes, Dr. Sutrisno Sumarjo, MA, Sekretaris LLDIKTI Wilayah X, Yandri A, SH, MH sebagai moderator diskusi, Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Ely Susanti, SE, MM, Kasubbag Akademik Taufik, S. Sos beserta staf. (*)

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar