LLDIKTI Wilayah X: Akreditasi program studi kesehatan tetap berlaku lima tahun

id berita padang,berita sumbar,lldikti wilayah X,program studi,prodi,kesehatan,lima tahun

LLDIKTI Wilayah X: Akreditasi program studi kesehatan tetap berlaku lima tahun

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri. (antarasumbar/Istimewa)

Berbeda dengan Prodi lainnya, di bidang kesehatan masa berlaku akreditasi Prodi masih tetap berlaku selama lima tahun,
Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X (Sumbar, Jambi, Riau dan Kepri) menerangkan masa berlaku akreditasi program studi (Prodi) kesehatan tetap berlaku sampai lima tahun.

"Berbeda dengan Prodi lainnya, di bidang kesehatan masa berlaku akreditasi Prodi masih tetap berlaku selama lima tahun," kata Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri di Padang, Sabtu.

Ia menambahkan setiap Prodi diharuskan tetap melaksanakan tridharma perguruan tinggi sebagai bagian yang akan dinilai oleh Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes).

"Masa berlaku akreditasi pada program studi kesehatan tidak otomatis diperpanjang," ujar dia.

Akreditasi yang dimaksud ialah suatu proses untuk melakukan penilaian suatu program studi yang dilaksanakan secara rutin serta masih mengikuti pedoman seperti yang tertuang dalam Permendikbud nomor 5 tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

"Instrumen penilaiannya menggunakan sembilan kriteria dengan 137 indikator penilaian," katanya.

Lebih lanjut ia menyebutkan tujuannya ialah untuk memberikan kesempatan pada Prodi menilai diri sendiri dan mengetahui kelebihan serta kekurangannya untuk selanjutnya dilakukan pembinaan agar mutunya lebih baik.

"Kemudian hasilnya, peringkat penilaian program studi perguruan tinggi dikategorikan atas baik, baik sekali, dan unggul," kata dia. (*)

Pewarta :
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar