Lebaran di tengah pandemi, pedagang mainan di Pasaman Barat sepi pembeli (Video)

id pedagang mainan, berita pasaman barat, berita sumbar

Lebaran di tengah pandemi, pedagang mainan di Pasaman Barat sepi pembeli (Video)

Sejumlah warga membeli mainan anak-anak di Pasar Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat dihari pertama lebaran Idul Fitri 1441 H. Pedagang mengeluhkan sepi pembeli dibandingkan lebaran tahun lalu. (Antara/Altas Maulana)

Simpang Empat, (ANTARA) - Pedagang mainan anak-anak di pasar Simpang Empat, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) mengeluhkan penurunan pembeli di hari pertama Idul Fitri 1441 Hijriah, Minggu.

"Berbeda dengan lebaran tahun dulu di hari pertama ini. Omset saya menurun drastis karena sepi pembeli," kata salah seorang pedagang mainan anak-anak di Pasar Simpang Empat, Jhon (43), Minggu.

Ia mengatakan pada Lebaran dahulu dari penjualan mainan anak-anak berupa pistol-pistol bisa beromset Rp4-5 juta perhari. Saat ini hanya Rp700 ribu.

"Turun drastis. Pembeli jauh berkurang dibadingkan tahun lalu. Mungkin pengaruhwabah COVID-19 ini," katanya.

Ia berharap wabah ini cepat berlalu karena sangat memberikan dampak kepada masyarakat. Apalagi dengan adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) saat ini.

Pantauan di sekitar pasar Simpang Empat-Jambak-Simpang Tiga pedagang mainan anak-anak bermunculan di hari pertama lebaran namun sepi pembeli.

Menurut pedagang mereka berjualan mainan anak-anak saat Lebaran biasanya peminat mainan pistol-pistol cukup tinggi. Aneka mainan anak-anak dibeli dari Bukittinggi dan Padang.

Aneka mainan anak berharga bervariasi, mulai dari Rp5.000 sampai Rp150.000.

Untuk mainan pistol harga jualnya mulai dari Rp5.000 sampai Rp40.000, sedangkan jenis senapan Rp15.000 hingga Rp85.000 per pucuk, sedangkan mobil-mobilan dari Rp10.000 hingga Rp200.000.

Aneka mainan yang dijualnya didatangkan dari Bukittinggi dan Padang serta sebagian lainnya didatangkan dari Pekan Baru dan Payakumbuh.

Salah seorang pembeli mainan untuk anaknya Dodi (35) mengatakan mainan pistol-pistol merupakan mainan favorit anak-anak saat lebaran.

"Dari pengakuan pedagang pembeli dihari pertama ini sepi dibandingkan di hari pertama tahun lalu. Diduga karena mewabahnya COVID-19 sehingga masyarakat enggan keluar rumah," sebutnya.



Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar