PLN gelar video conference untuk pastikan listrik andal saat lebaran

id PLN, siaga listrik, lebaran, pandemi, idul fitri, sumbar, berita padang

PLN gelar video conference untuk pastikan listrik andal saat lebaran

GM PLN Unit Induk Wilayah Sumbar Bambang Dwiyanto pimpin video conference siaga listrik jelang lebaran. (Ist)

Padang (ANTARA) - PT. PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Barat menggelar video conference untuj memastikan listrik andal saat lebaran Idul Fitri 1441 Hijriah, agar umat islam yang merayakan merasa nyaman dan aman.

Meski tengah dalam situasi pandemi namun tidak mengurangi makna dan khidmatnya lebaran kali ini. Begitu pula dengan PLN.

Sehari jelang Lebaran 2020, PLN telah melakukan berbagai persiapan dan kesiagaan menjaga keamanan pasokan listrik.

Sebagaimana disampaikan oleh masing-masing Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerja PLN UIW Sumbar dalam video conference yang berlangsung pada Sabtu (23/5) malam.

Hadir dalam vicon tersebut General Manager PLN UIW Sumbar beserta seluruh jajaran Manajemen, Manager Unit Pelaksana dan Manager Unit Layanan Pelanggan (ULP) di wilayah kerja PLN Sumbar.

"Sudah menjadi hal yang lumrah bagi PLN untuk terus siaga 24 jam dalam setiap momen penting seperti Ramadhan dan Idul Fitri guna menjaga pasokan listrik selama hari besar tersebut," tegas Bambang.

Di saat masyarakat menikmati waktu silaturahmi dengan keluarga, atau tahun ini berlebaran di rumah aja karena pandemi yang tengah merebak.

Para pegawai PLN tetap bekerja memastikan listrik tetap mengalir kerumah pelanggan agar pelanggan dapat menikmati momen lebaran dengan listrik yang nyaman dan aman.

"Kami memantau terus untuk memastikan tidak ada gangguan selama lebaran," ujar Bambang Dwiyanto, General Manager PLN UIW Sumbar.

Bambang menuturkan pula bahwa saat ini kondisi cuaca Sumbar kurang bersahabat, hal tersebut berdampak pada sistem kelistrikan.

Sebagai langkah preventif untuk meminimalisir gangguan PLN akan melakukan pengawalan ekstra terhadap penyulang ataupun jaringan listrik agar tidak terpengaruh pada kondisi cuaca saat ini.

"Saat ini PLN Sumbar telah menyiapkan 154 posko dan 1414 petugas untuk mengamankan sistem kelistrikan saat lebaran. Mudah-mudahan sistem kelistrikan selalu aman,” ungkap Bambang.
Manajemen PLN Unit Induk Wilayah Sumbar gelar video conference siaga listrik jelang lebaran. (Ist)
Kesiapan setiap unit PLN

Dalam video conference tersebut, masing-masing manager ULP juga menyampaikan persiapan petugas PLN menjaga pasokan listrik saat Idul Fitri nanti dan posko yang tersedia diunit masing-masing.

Masing-masing unit telah melaksanakan goro membersihkan jaringan petugas dan petugas standby untuk menangani pengaduan atau keluhan dari pelanggan.

Apalagi dalam kondisi WFH saat ini, konsumsi listrik rumah tangga dapat dpastikan naik. Maka PLN wajib untuk memenuhi kebutuhan listrik tersebut dengan baik.

Petugas telah rutin melakukan inspeksi jaringan, melakukan pemeliharaan pada beberapa pembangkit dan memanfaatkan dengan maksimal sistem interkoneksi.

Petugas juga siaga menjaga pasokan listrik dan mendedikasikan waktu mereka untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan bahkan saat hari Lebaran sekalipun.

Hal tersebut merupakan wujud komitmen seluruh elemen PLN agar masyarakat dapat menikmati idul fitri dengan tenang dan nyaman tanpa adanya padam karena gangguan listrik.
Manajemen PLN Unit Induk Wilayah Sumbar gelar video conference siaga listrik jelang lebaran. (Ist)