Pertama kalinya, LLDIKTI Wilayah X gelar lomba tahfiz quran saat Ramadhan

id Berita Padang, sumbar, ll dikti wilayah x

Pertama kalinya, LLDIKTI Wilayah X gelar lomba tahfiz quran saat Ramadhan

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri (Antara/Laila Syafarud)

Padang (ANTARA) - Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X menggelar lomba tahfiz quran yang pertama kali pada Ramadhan 1441 Hijriah di tengah pandemi Corona Virus Disaese (Covid-19).

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri di Padang, Sabtu mengatakan kegiatan lomba tahfiz tersebut digelar dalam rangka memperingati Nuzulul Quran pada tahun ini.

Lebih lanjut ia mengatakan pada lomba kali ini para pesertanya merupakan putra putri dari karyawan LLDIKTI Wilayah X yang dikelompokkan dalam tiga kategori.

"Kategori pertama, tingkat Taman Kanak-kanak (TK) sampai dengan kelas 2 Sekolah Dasar (SD) yang membacakan surah wajib QS Al Humazah dan 1 surah pilihan yaitu QS An Nas sampai Al Humazah dan diikuti 9 orang," kata dia menerangkan.

Kemudian kategori kedua, tingkat SD yaitu mulai dari kelas 3 sampai dengan kelas 6 membacakan surah wajib QS Al Alaq dan 1 surah pilihan QS An Nas sampai Al Buruj diikuti sebanyak 4 orang.

Terakhir, tingkat SLTP membacakan surah wajib QS Al Qhasyiah dan 1 surah pilihan juz 30 yang diikuti sebanyak 3 orang.

Ia juga mengatakan lomba tersebut dilaksanakan dalam rangka menumbuhkembangkan serta untuk menggali potensi dan bakat dalam membaca dan menghapal Al Quran.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi anak-anak kita agar lebih banyak hapalan dan lebih lancar membaca alquran. Pelajari terus cara membaca alquran yang baik dan benar,” ucap Prof. Herri.

Muslim Tawakal selaku dewan juri menjelaskan penilaian bacaan peserta dilihat dari makhraj, tajwid, dan irama berdasarkan video yang dikirimkan orang tua peserta.

“Secara umum, hampir semua peserta bagus bacaan dan hapalannya. Ayo anak-anak, mari tingkatkan bacaan dan hapalan alquran.

Lebih lanjut, Sekretaris Lembaga Yandri, saat melaporkan pelaksanaan lomba tahfidz Al Quran juga berharap ke depannya tidak hanya anak-anak karyawan saja, tetapi juga anak-anak dari dosen bisa ikut lomba tahfiz tingkat LLDIKTI Wilayah X. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar