Dewan Da'wah Sumbar bagikan paket sembako bagi warga terdampak COVID-19

id dewan dawah, berita padang, berita sumbar, covid-19

Dewan Da'wah Sumbar bagikan paket sembako bagi warga terdampak COVID-19

Ketua Dewan Da'wah Islamiyah Sumbar Badrul Mustafa membagikan paket sembako (Antara/Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi Sumatera Barat menyalurkan bantuan kepada masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat wabah Corona Virus Disease (COVID-19) di beberapa lokasi.

Ketua Dewan Da’wah Sumbar Badrul Mustafa Kemal di Padang, Kamis menyampaikan pandemi COVID-19 merupakan ujian kesabaran bagi semua komponen umat dan bangsa.

"Kita dituntut sabar dan saling bergandengan tangan, baik antara pemerintah, ulama, dai, dan masyarakat untuk melewati ujian ini," ujarnya.

Ia menyampaikan hal itu usai Penyerahan sembako kepada warga dihadiri Ketua Dewan Da’wah Sumbar Badrul Mustafa Kemal, Wakil Ketua Dewan Da’wah Sumbar Anisral, Sekretaris Dewan Da’wah Sumbar Mazwar Mas’ud, Wakil Sekretaris Dewan Da’wah Sumbar Afdhal dan Biro Humas dan Kerjasama Jimmi Syah Putra Ginting.

Adapun paket dibagikan sebanyak 55 paket sembako di Tunggul Hitam Kota Padang oleh Muslimat Dewan Da’wah, 200 paket takjil di Jalan Sudirman Bukittinggi, 250 paket takjil di Jalan Sudirman Bukittinggi, oleh Lazis Dewan Da’wah, bingkisan Lebaran untuk Guru mengaji terdampak Covid-19 di Bukittinggi.

Kemudian 40 paket sembako kepada warga di sekitar Air Tawar Barat Padang serta bantuan dana kepada seluruh Da’i Dewan Da’wah di pedalaman melalui kerja sama dengan ZIS Yarsi Sumbar.

Badrul juga mengimbau agar setiap Da’i dan Pengurus Dewan Da’wah yang berda’wah di seluruh kabupaten/Kota agar kiranya tetap membersamai umat dengan penuh kesabaran.

Walaupun kita dituntut melaksanakan pyhisical distancing, interaksi dengan umat tetap perlu dijaga. Kalau sebelum wabah kita bertemu dengan ummat secara langsung melalui pengajian, ceramah, dan sebagainya, maka di tengah wabah COVID-19 ini tugas membimbing umat terus digiatkan dengan berbagai macam cara tanpa menimbulkan kerumunan massa, ujarnya.

Ia menyampaikan saat ini tugas kita menghadirkan optimisme di tengah umat, menghadirkan semangat saling tolong menolong, dan kesadaran bahwa Allah tidak membebani umat di luar kemampuan ummat.

Insya Allah dengan ikhtiar bersama untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 melalui pyhisical distancing dan budaya hidup bersih dan sehat, semoga wabah ini segera berakhir, ujarnya.

Hal senada disampaikan Sekretaris Dewan Da’wah Sumbar Mazwar Mas’ud yang mengatakan wabah COVID-19 ini menghadirkan banyak hikmah, diantaranya adalah menghadirkan kedekatan yang lebih baik dengan keluarga dan memperkuat kepedulian dan semangat saling membantu antar sesama.

Semoga kita diberikan kekuatan oleh Allah menjalani dan melewati ujian ini, katanya.