Pariaman siapkan ratusan personel sukseskan PSBB selama libur Lebaran

id PSBB,libur lebaran,pandemi covid-19

Pariaman siapkan ratusan personel sukseskan PSBB selama libur Lebaran

Petugas melakukan pemeriksaan kepada pengendara sepeda motor di Pos PSBB. (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Pariaman (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman, Sumatera Barat, menyiapkan sekitar 250 personel untuk melaksanakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di daerah itu selama Libur Lebaran 2020.

"Tahun ini lebaran dalam situasi PSBB sehingga personel dipersiapkan untuk menyukseskan pembatasan sosial," kata Wali Kota Pariaman Genius Umar usai apel persiapan pelaksanaan PSBB selama libur lebaran di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan lebaran tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yang membatasi warga keluar rumah guna memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Pada lebaran tahun sebelumnya warga shalat Idul Fitri di masjid dan lapangan serta objek wisata dibuka namun tahun ini salat dilaksanakan di rumah sedangkan objek wisata ditutup.

Oleh karena itu, lanjutnya pihaknya mempersiapkan ratusan personel yang terdiri dari anggota Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) serta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Lokasi tugas dari personel tersebut yaitu di antaranya di objek wisata, pasar, serta pengamanan di tempat ibadah di daerah itu.

Meski Pariaman menerapkan PSBB, sebutnya namun sejumlah lokasi masih ditemukan orang berkumpul dalam satu tempat tanpa menggunakan masker padahal Satuan Tugas COVID-19 Kota Pariaman telah datang memberikan edukasi tentang pandemi.

"Petugas Satgas COVID-19 telah memberikan edukasi namun setelah petugas pergi orang melanggar PSBB kembali," ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta peran tokoh adat dan desa untuk mengimbau warga di daerah itu untuk menerapkan PSBB.

"Kita sedang menghadapi virus yang cara melawannya dengan menerapkan jarak sosial dan fisik serta hal lainnya yang ada dalam PSBB," kata dia.

Ia mengimbau warga di daerah itu untuk menerapkan protokol keselamatan COVID-19 agar dapat memperkecil potensi penyebaran virus tersebut.

Pada kesempatan tersebut pihaknya juga memberikan bantuan sembako kepada personel Satpol PP dan Damkar serta BPBD yang telah bertugas dalam pelaksanaan PSBB di Pariaman.