Mahasiswa KKN Fakultas Teknik Unand bantu puskesmas Alai

id Mahasiswa kkn teknik unand bantu puskesmas alai

Mahasiswa KKN Fakultas Teknik Unand bantu puskesmas Alai

Mahasiswa KKN tematik Fakultas Teknik Unand menyerahkan bantuan untuk puskesmas Alai. (ANTARA SUMBAR/ist)

Padang (ANTARA) - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Teknik Universitas Andalas ikut terpanggil untuk membantu tenaga kesehatan dalam memerangi wabah COVID-19 dengan menyerahkan alat cuci tangan sistem mekanik & APD ke Puskesmas Alai.

"Kami berupaya mengaplikasikan sedikit ilmu yang kami pelajari di kampus untuk membuat beberapa peralatan mekanik untuk membantu tenaga kesehatan memerangi COVID-19. Kami berharap ini bisa membantu walau sedikit," kata salah seorang mahasiswa KKN, Daffa Shidqi Akbar di Padang, Selasa.

Mahasiswa jurusan Teknik Mesin Unand angkatan 2017 itu mengatakan peralatan yang diserahkan diantaranya satu unit alat cuci tangan sistem mekanik.

Alat itu didesain memiliki tiga sisi yg dapat digunakan secara bersamaan dengan kapasitas tangki 250 Liter.

Sistem penggunaan mekanik dengan cara menginjak pedal sehingga dapat mencuci tangan tanpa ada kontak dengan kran air. Terdapat dua pedal, masing-masing untuk air & sabun.

Selain itu juga diserahkan APD berupa masker non medis tiga lapis sebanyak 75 picis. Bahan yang digunakan kain spunbond 75gsm untuk lapisan satu dan tiga serta kain furing untuk lapisan tengah atau kedua.

Kemudian ada face shield sebanyak 60 picis dengan bahan mika keras, ketebalan 0.3 mm.

Penyerahan dari mahasiswa KKN itu didampingi dosen pembimbing lapangan Dr. Hendri Yanda, S. T., M. Sc.

Kepala Puskesmas Alai, drg. Yenni memuji kepedulian mahasiswa terhadap kondisi daerah yang terserang wabah.

Ia menyebut APD dan face shield sangat dibutuhkan oleh tenaga kesehatan untuk perlindungan diri saat memberikan pelayanan maksimal pada pasien terpapar COVID-19.

Karena itu ia sangat berterima kasih dengan bantuan yang diberikan tersebut.(*)