Jelang Lebaran, Harga cabai dan bawang merah mengalami kenaikan di Padang Panjang

id harga cabai,bawang merah,padang panjang

Jelang Lebaran, Harga cabai dan bawang merah mengalami kenaikan di Padang Panjang

Harga cabai di tingkat petani anjlok hanya Rp7.000 per kilogram (Antara/Laila Syafarud)

Padang Panjang (ANTARA) - Harga komoditas cabai merah dan bawang merah di Padang Panjang, Sumatera Barat mengalami kenaikan pada Selasa atau H-5 Idul Fitri 1441 Hijriah.

"Komoditas cabai merah dan bawang merah ada kenaikan harga. Namun secara umum harga komoditas lainnya dalam kondisi stabil," kata Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Padang Panjang Arpan di Padang Panjang, Selasa.

Kenaikan pada cabai merah hari ini tercatat dari Rp20.000 menjadi Rp24.000 per kilogram dan bawang merah dari Rp56.000 menjadi Rp57.250 per kilogram.

Ia menilai kenaikan harga pada dua komoditas itu dapat terjadi sewaktu-waktu bergantung pasokan dan kebutuhan. Bahkan cabai merah dapat mengalami perubahan harga hingga tiga kali dalam satu hari.

Sementara barang kebutuhan pokok lainnya yang harganya stabil yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, tepung terigu, daging dan telur.

"Dalam beberapa waktu belakang kami sudah lakukan pantauan dan komoditas tersebut harganya stabil hingga kini sudah H-5 Lebaran. Pasokannya juga mencukupi," ujarnya.

Selain memantau harga kebutuhan pokok, pihaknya juga melakukan pantauan untuk harga barang kebutuhan lain seperti gas tabung tiga kilogram mulai dari agen hingga ke pengecer.

"Di Padang Panjang ada dua agen dan 16 pangkalan. Harga per tabung dalam kisaran Rp20.000 sampai Rp21.000," katanya.

Ia mengimbau agar pedagang tidak melakukan tindakan spekulatif yang dapat berdampak pada kenaikan harga barang apalagi saat kondisi wabah, pedagang diminta tidak mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Sementara bagi masyarakat diharapkan agar berbelanja sesuai dengan kebutuhan bukan menurut keinginan.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar