DPRD Sumbar apresiasi keterbukaan bantuan COVID-19 di Sutera Pesisir Selatan

id DPRD Sumatera Barat ,kunjungan kerja DPRD Sumatera Barat ,pesisir selatan,pesisir selatan terkini,berita pesisir selatan,berita sumbar,sumbar terkini

DPRD Sumbar apresiasi keterbukaan bantuan COVID-19 di Sutera Pesisir Selatan

Kunjungan kerja Komisi I DPRD Sumatera Barat ke Nagari Rawang Gunung Malelo. (ANTARA/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - DPRD Sumatera Barat mengapresiasi keterbukaan informasi penyaluran bantuan bagi masyarakat terdampak COVID-19 di Nagari Rawang Gunung Malelo, Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan.

"Nagari Rawang Gunung Malelo terbuka terkait penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) COVID-19 yakni dengan menempel data penerima di tempat umum," kata Sekretaris Komisi I DPRD Sumatera Barat, Nurnas dalam kunjungannya bersama tim ke Nagari Rawang Gunung Malelo, Jumat.

Selain itu, lanjutnya pihak nagari juga terbuka terkait besaran dana desa yang dialokasikan untuk BLT di tingkat nagari, serta melibatkan seluruh pihak dalam menentukan penerimanya.

Terkait insiden pengrusakan kantor nagari setempat oleh sejumlah masyarakat beberapa waktu lalu, dirinya mengimbau agar kedepan masyarakat terlebih dahulu memahami tujuan dari penyaluran bantuan oleh pemerintah.

"Tujuan penyaluran bantuan baik dan merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap masyarakat, hanya saja saat ini data rentan menjadi pemantik kericuhan, dan terkait data kedepan mesti diperbaiki dengan memperbaharuinya secara berkala," katanya lagi.

Ia menyebut, selain ke Nagari Rawang Gunung Malelo, Komisi I DPRD Sumatera Barat juga akan melakukan kunjungan kerja ke nagari lain seperti di Agam dan Pasaman Barat.

Kegiatan dilaksanakan untuk mengavaluasi beberapa hal mulai dari pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), ketepatan BLT dan lainnya.

"Dalam kunjungan kerja ini kami tidak menitikberatkan pada masalah yang terjadi tapi lebih untuk menemukan fakta di lapangan sebagai evaluasi," sebutnya.

Wali Nagari Rawang Gunung Malelo, Aprizal menyebut ia bersama perangkat dan tokoh masyarakat di nagari setempat berupaya memastikan penyaluran BLT menggunakan dana desa tepat sasaran sehingga mampu meminimalkan terjadinya gesekan.

Hanya saja ungkapnya pada penyaluran BLT dari Kemensos dan provinsi pihaknya tidak bisa berbuat banyak karena penerima diambil dari data yang sudah ada sebelumnya.

Di nagari setempat terdapat 259 kepala keluarga penerima BLT dari dana desa, 169 kepala keluarga dari kabupaten, 148 kepala keluarga dari provinsi dan 203 penerima BLT dari Kemensos.

Dalam kesempatan itu juga hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumatera Barat, Syafrizal Ucok, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pesisir Selatan, Wendi dan sejumlah pejabat lain serta tokoh masyarakat Nagari Rawang Gunung Malelo. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar