DPRD Pariaman: butuh partisipasi aktif masyarakat untuk sukseskan PSBB

id dprd pariaman,psbb,pandemi covid-19

DPRD Pariaman: butuh partisipasi aktif masyarakat untuk sukseskan PSBB

Ketua DPRD Kota Pariaman, Sumbar Fitri Nora. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S.)

Pariaman (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Pariaman, Sumatera Barat Fitri Nora mengatakan butuh partisipasi aktif masyarakat untuk menyukseskan pelaksanaan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) guna memperkecil penyebaran COVID-19.

"Sebaik apapun aturan yang dibuat jika tidak ada partisipasi dari masyarakat maka peraturan yang dibuat itu pun percuma," kata dia di Pariaman, Rabu.

Ia mengatakan masih ditemukan warga yang tidak menggunakan masker ketika keluar rumah dan bahkan mengadakan aktivitas secara bersamaan di satu tempat salah satunya warung.

Pemerintah pun juga tidak bisa memberikan sanksi yang berat karena saat ini bukan darurat sipil.

"Oleh karena itu kami berharap partisipasi dari kita semua," katanya.

Ia mengatakan meskipun saat ini Kota Pariaman sudah tidak ada kasus yang positif COVID-19 namun sebentar lagi diprediksi akan masuk pada puncak penyebaran virus tersebut karena adanya tradisi pulang kampung dari perantau.

"Apalagi dibukanya penerbangan jadi kemungkinan orang datang dari luar daerah itu ada," ujarnya.

Ia menyampaikan jika warga di daerah itu ingin berkomitmen tidak ada kasus positif COVID-19 maka komitmen dan partisipasi warga dibutuhkan.

Selain itu, ia juga meminta warga untuk melaporkan keluarga atau tetangganya yang baru datang dari luar daerah agar bisa diperiksa oleh dinas terkait dan yang bersangkutan pun diminta untuk jujur menyampaikan riwayat perjalanan.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar