BPBD Sumbar datangkan pelindung wajah dan kaca mata google untuk medis

id pelindung wajah,kacamata goggle,bpbd sumbar

BPBD Sumbar datangkan pelindung wajah dan kaca mata google untuk medis

Kepala Pelaksana BPBD Sumbar Erman Rahman memeriksa pelindung wajah dan kaca mata google untuk medis. (ANTARA / Ist)

Padang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Barat kembali mendatangkan face shield (pelindung wajah) dan kacamata goggles bagi petugas medis yang bertugas di rumah sakit.

“Pelindung wajah dan kacamata goggles kita datangkan. Dua alat ini biasa digunakan oleh tenaga medis yang melayani pasien yang terinfeksi Covid-19,”sebut Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Sumbar, Erman Rahman, Jumat di gudang Pusdalop BPBD Sumbar.

Erman mengungkapkan, pihaknya mendatangkan sebanyak 15 ribu face shield. Ditambah dengan 7.500 kacamata goggles dari total 20 ribu yang dipesan. Dua barang itu didatangkan dari Jakarta. “Untuk 12.500 kacamata goggles akan datang dua minggu lagi. Setidaknya dengan persediaan ini, sudah memenuhi kebutuhan APD tenaga medis di Sumbar,”ujarnya.

Dalam menerima barang tersebut, BPBD Sumbar selalu menghadirkan Kejaksaan Tinggi Sumbar, Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Sumbar termasuk Inspektorat Sumbar.

Untuk penyaluran alat tersebut BPBD akan menunggu permintaan dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar. Karena permintaan rumah sakit ditujukan ke Dinas Kesehatan, kemudian Dinas Kesehatan memberikan jumlah kebutuhan.

“Kita hanya menyediakan, nanti untuk penyaluran kita koordinasi dengan Dinas Kesehatan,”ujarnya.

Dengan kedatangan dua alat tersebut ditambah baju APD yang datang beberapa waktu lalu, maka kebutuhan APD bagi tenaga medis di Sumbar sudah terpenuhi untuk dua bulan ke depan.

Diakuinya, diawal merebaknya wabah Covid-19 di Sumbar, APD adalah menjadi kebutuhan sangat mendesak. Bahkan pihaknya kesulitan untuk mendapatkan APD tersebut. Karena keberadaan APD sangat vital bagi tenaga medis.

Dengan itu, agar Pemprov Sumbar tidak kesulitan lagi dalam mendapatkan APD, BPBD Sumbar langsung memesan sejumlah kebutuhan perlengkapan medis. Diantaranya, baju APD, kacamata goggles dan face shield.

Disebutkannya, face shield berfungsi untuk melindungi wajah tenaga medis, perawat dan tanaga lainnya di rumah sakit untuk berkomunikasi dengan pasien Covid-19. Begitu juga fungsi kacamata goggles. Karena penularan virus kcorona adalah melalui doplet.(*)