Solok Selatan mulai salurkan bansos kepada 3.463 KK

id bansos terdampak covid-19,pandemi covid-19,solok selatan

Solok Selatan mulai salurkan bansos kepada 3.463 KK

Kepala Dinas Sosial Zulkarnaini bersama Koordinator TKSK Kabupaten Reno, turun ke berbagai titik mendampingi Pos Indonesia dalam penyaluran bantuan kepada warga. (ANTARA/HO)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan mulai menyalurkan bantuan sosial (Bansos) yang bersumber dari Pemprov Sumatera Barat dengan jumlah penerima 3.463 Kepala Keluarga.

"Hari ini bantuan sosial kepada warga terdampak COVID-19 melalui anggaran Pemprov sudah mulai diberikan kepada masyarakat penyaluran melalui kantor pos dan ada yang diantar langsung," kata Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa/Nagari, Zulkarnaini di Padang Aro, Kamis.

Bantuan yang diberikan melaluk dana Pemprov sebesar Rp600 ribu per KK dan akan diberikan selama tiga bulan ke depan, terhitung April, Mei, dan Juni.

"Tahap pertama bantuan langsung diberikan untuk dua bulan sekaligus sebesar Rp.1,2 juta," ujarnya.

Sebelumnya Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Solok Selatan Abdul Rahman mengatakan berdasarkan skema penyaluran berbagai bantuan yang ada diperkirakan 77 persen masyarakat di Kabupaten itu menerima bantuan.

Bantuan tersebut berasal dari Pemerintah pusat, provinsi, kabupaten, dan juga melalui dana nagari.

APBD Kabupaten Solok Selatan sendiri juga sudah disiapkan bantuan kepada masyarakat dengan alokasi anggaran sebesar Rp32,4 miliar.

Pemerintah setempat juga mencadangkan bantuan melalui sembako yang saat ini ada di gudang Bulog, serta bantuan lain yang diterima pemkab.

Hingga saat ini di Solok Selatan sudah ada tiga orang pasien positif COVID-19 dengan riwayat perjalanan ke Padang.

Ketiga orang yang positif COVID-19 tersebut merupakan satu keluarga dengan provesi guru, pelajar dan ibu dari guru tersebut.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar