Total jadi 14 orang, Padang Panjang umumkan penambahan satu kasus positif COVID-19 hari ini

id Padang Panjang, Sumbar, Covid, berita sumbar, berita, corona

Total jadi 14 orang, Padang Panjang umumkan penambahan satu kasus positif COVID-19 hari ini

RSUD Padang Panjang. (Foto Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Kasus positif coronavirus disease (COVID-19) di Padang Panjang, Sumatera Barat bertambah satu sehingga hari ini jumlahnya menjadi 14 kasus.

"Penambahan satu kasus positif COVID-19 masih dari tenaga kesehatan yang kontak dengan pasien NS(29). Hasil swabnya kami terima belakangan, setelah yang 13 kasus positif kemarin," kata Kepala Dinas Kesehatan Padang Panjang, Nuryanuwar di Padang Panjang, Sabtu.

Menurut dia 14 pasien tersebut saat ini menjalani isolasi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang.

Hingga Sabtu(2/5) siang Dinas Kesehatan setempat mencatat sebanyak 136 orang yang tersebar di 16 kelurahan di daerah itu masuk dalam daftar orang dalam pemantauan (ODP) di mana 125 orang telah habis masa karantina.

Selanjutnya delapan orang daftar pasien dalam pengawasan (PDP) dengan rincian empat orang hasil negatif dan kondisi sudah pulih.

Kemudian satu orang sudah menjalani rapid diagnostic test (RDT) dengan hasil negatif dan sudah pulih, dua orang hasil labor negatif sedang menjalani isolasi mandiri.

Lalu satu orang meninggal di RSUP M Djamil Padang hasil labor negatif.

Terkait riwayat kontak dari 14 pasien positif COVID-19, Pemkot Padang Panjang masih dalam usaha melacak riwayat tersebut.

"Yang pernah kontak dengan pasien positif sedang kami rekap jumlahnya dan masih lacak juga. Mereka selanjutnya juga akan jalani tes swab," katanya.

Sebelumnya sebanyak 13 pegawai di RSUD Padang Panjang dinyatakan positif COVID-19 diduga setelah kontak dengan pasien NS(29) warga Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar yang saat itu dalam keadaan hamil.

NS pertama kali datang ke RSUD pada 19 April 2020 dengan diagnosis yang ditegakkan sebagai pasien usia kehamilan berkisar 34 sampai 35 minggu.

Pasien tersebut selanjut beberapa kali kembali ke RSUD hingga pada Jumat(24/4) dilayani di IGD dengan keluhan nyeri pinggang menjalar ke bagian perut.

NS dirujuk ke RSUP M Djamil Padang keesokan harinya dan pada Minggu(26/4) dinyatakan positif COVID-19.

Usai informasi itu pihak rumah sakit memberlakukan karantina bagi tenaga yang kontak dengan NS dan menjalani tes swab hingga pada Kamis(30/4) petang 13 orang dinyatakan positif COVID-19.

Pewarta :
Editor: Mario Sofia Nasution
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar