Disabilitas positif COVID-19 ditolak di RS Darurat, Mensos belum bisa beri tanggapan

id Kemensos, Mensos, Disabilitas, Wisma Atlet

Disabilitas positif COVID-19 ditolak di RS Darurat, Mensos belum bisa beri tanggapan

Mensos Juliari P. Batubara (keempat dari kiri) berfoto bersama penyandang disabilitas dalam acara Jalan Sehat memperingati Hari Disabilitas Internasional di Jakarta, Minggu (1/12/2020). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Juliari P. Batubara mengatakan akan segera memeriksa situasi terkait penyandang disabilitas positif COVID-19 yang ditolak dirawat di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet karena kurang dapat mengakomodasi kebutuhan pendampingan bagi mereka.

"Kami akan segera cek ke RS Wisma Atlet," kata Mensos melalui pesan WhatsApp kepada Antara di Jakarta, Senin.

Ia mengatakan dirinya belum mengetahui secara pasti perihal kejadian tersebut, sehingga belum dapat memberikan tanggapan lebih lanjut. "Saya belum mengetahui sehingga saya belum bisa memberikan tanggapan," katanya.

Namun demikian, ia telah menindaklanjuti informasi tentang kejadian tersebut dengan berkoordinasi dengan Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial (Rehsos) Kemensos Harry Hikmat dan Ditjen tersebut telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat ke lokasi kejadian.

Baca juga: RS darurat tolak disabilitas positif COVID-19, ini tanggapan Forum Akademisi Luar Biasa

"Sudah saya teruskan ke Dirjen Rehsos dan beliau sudah kirim Tim Reaksi Cepat ke lokasi," katanya.

Sebelumnya, empat anak penyandang disabilitas ganda dari Sekolah Luar Biasa Ganda Rawinala, Kramat Jati, Jakarta Timur, teridentifikasi positif COVID-19 setelah menjalani tes cepat dan tes swab.

Namun demikian, mereka ditolak dirawat di RSD Wisma Atlet dengan alasan tidak dapat mengakomodasi kebutuhan pendampingan bagi para penyandang disabilitas tersebut.

Tiga di antaranya saat ini diisolasi secara mandiri oleh sekolah karena tidak memiliki keluarga. Sementara satu anak lainnya diisolasi secara mandiri oleh keluarganya.

Baca juga: Kementerian PUPR siapkan tambahan tiga menara Wisma Atlet tampung pasien COVID-19
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar