Bank Nagari miliki 2700 merchant transaksi via QRIS

id Bank Nagari, QRIS, aplikasi digital, bpd, sumbar, berita Padang

Bank Nagari miliki 2700 merchant transaksi via QRIS

Kepala Humas Bank Nagari M. Riza Harry Susanto sedang membuka aplikasi QRIS Bank Nagari di Padang, Rabu. (Antara/Mutiara Ramadhani)

Padang (ANTARA) - Transaksi digital menggunakan sistem Quick Respond Indonesian Standard (QRIS) Bank Nagari semakin meningkat sejak diluncurkannya pada 14 Maret lalu, terbukti dengan saat ini sudah sebanyak 2700 merchant yang bekerja sama.

“Sampai saat ini sudah ada 2.700 merchant bekerja sama dengan Bank Nagari bertransaksi melalui QRIS,” kata Plt.Direktur Keuangan Bank Nagari M.Irsyad di Padang, beberapa waktu lalu.

Ia juga mengatakan bahwa peningkatan tersebut juga dipicu karena Bank Nagari sering memberikan promo khusus bagi pengguna QRIS Bank Nagari.

Kemudian Pemimpin Group Pemasaran Dana dan E-Bisnis Bank Nagari Rano Fardian Farid menambahkan bahwa terkumpulnya sebanyak 2.700 merchant tersebut dengan cara setiap cabang mengumpulkan lebih kurang sebanyak 75 merchant.

“Cabang Bank Nagari kan ada 36 berarti satu cabang mengumpulkan sekitar 75 merchant atau toko dengan memfokuskan pada nasabah yang sudah mengakses kredit dengan Bank Nagari,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan pola kerja sama dengan merchant tersebut yakni mereka mengisi formulir, kemudian Bank Nagari menyediakan fasilitas QR di masing-masing toko kemudian kalau ada promo mereka bisa diikutsertakan.

Ia menambahkan, keuntungan yang di dapat oleh merchant dari kerjasama tersebut yaitu dengan tersedianya fasilitas pembayaran melalui bar code di toko tersebut, mereka juga bisa menggunakan bar code tersebut untuk media pembayaran lain seperti Gopay, Ovo , Dana dan sebagainya kemudian juga dapat mengurangi transaksi tunai dan dapat terhindar dari uang palsu.

“Keuntungan bagi Bank Nagari sendiri yakni Bank Nagari dapat mengurangi peredaran uang kemudian sejalan dengan keinginan Bank Indonesia untuk tidak banyak lagi uang beredar karena transaksinya lewat elektronik, disamping itu karena menggunakan mobile banking diharapkan transaksi lainnya seperti pembelian pulsa, pembelian token listrik juga meningkat,” tambahnya.

Sementara itu dalam menyambut Ramadhan ia mengatakan akan diadakannya promo berupa diskon 5,8 persen khusus merchant yang menjual kebutuhan pokok yang dimulai tanggal 24 April hingga 24 Mei dengan minimal belanja Rp150 ribu untuk satu kali transaksi.

“Dalam situasi Covid-19 ini untuk sementara merchant yang bisa ikuti promo diskonnya kita pilih artinya untuk tiap cabang ada dua, kalau ditotal ada 50 merchant sesumbar yang kita ikutkan dalam program promo ini dan itupun hanya yang bergerak dibidang sembako saja,” tambahnya.

Saat ini, Bank Nagari sedang merancang sistem promo untuk transaksi Cash On Delivery (COD) bagi merchant yang sudah memeliki kayanan COD.

“Jadi merchant ini dibekali mesin gesek yang bisa dibawa-bawa oleh kurirnya jadi pelanggan tinggal membayar melalui kartu debit yang digesek melalui mesin gesek yang dibawa kurir tersebut saat pesanan telah sampai,” imbuhnya.
Peluncuran empat produk baru Bank Nagari oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno pada Sabtu (14/3). (Antara/Mutiara)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar