Mudik dilarang, pekerja tinggal sekitar Jakarta tetap boleh ke Jakarta

id Argo yuwono,Mudik dilarang,Covid 19,kabar baik,berita baik,sembuh dari covid

Mudik dilarang, pekerja tinggal sekitar Jakarta tetap boleh ke Jakarta

Petugas bus menaikkan motor ke dalam bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Pemerintah sudah memberlakukan larangan mudik Lebaran 2020 untuk mencegah penyebaran Covid-19. ANTARA FOTO/Fauzan

Jakarta (ANTARA) - Kepala Biro Penerangan Masyarakat Kepolisian Indonesia, Brigadir Jenderal Polisi Argo Yuwono, mengatakan, meski pemerintah sudah mengeluarkan larangan untuk mudik, masyarakat yang tinggal di kawasan sekitar Jakarta tetap dapat memasuki Jakarta untuk bekerja atau membeli bahan pokok.

"Seperti warga di Tangerang kota, Tangerang Selatan, Bekasi, dan Depok tetap dapat memasuki wilayah Jakarta untuk beraktivitas seperti bekerja atau membeli kebutuhan pokok," kata dia, di Jakarta, Rabu.

Presiden Joko Widodo telah melarang masyarakat tanpa terkecuali untuk mudik Lebaran di masa pandemi Covid-19 ini.

Menindaklanjuti hal itu Kepolisian Indonesia akan menggelar Operasi Ketupat 2020 lebih awal dibanding pelaksanaan Operasi Ketupat pada tahun-tahun sebelumnya.

Tim gabungan Polri-TNI dalam Operasi Ketupat 2020 akan mulai bertugas pada 24 April 2020 hingga H+7 Lebaran.

"Seluruh pasukan sudah mulai bertugas di tempatnya atau posnya masing-masing mulai 24 April 2020 pukul 00.00 WIB hingga H+7 Lebaran," kata dia.

Ada sebanyak 171.000 personel gabungan TNI dan Kepolisian Indonesia akan melaksanakan Operasi Ketupat 2020 dalam rangka mengawal larangan mudik Lebaran 2020 selama masa pandemi virus Covid-19.

Argo memastikan bahwa selama melaksanakan Operasi Ketupat 2020, mereka diwajibkan mengikuti protokol kesehatan, di antaranya menggunakan masker dan menerapkan jaga jarak fisik antar manusia.