Masjid KH Hasyim Asy'ari akan sediakan takjil Ramadhan di tengah pembelakuan PSBB

id takjil ramadhan, puasa ramadhan, salat tarawih, psbb, masjid kh hasyim asy'ari

Masjid KH Hasyim Asy'ari akan sediakan takjil Ramadhan di tengah pembelakuan PSBB

Imbauan Masjid KH Hasyim Asy'ari kepada masyarakat tentang peniadaan salat Jumat selama masa tanggap COVID-19 di Cengkareng, Jakarta Barat, Jumat (20/3/2020). (ANTARA/Devi Nindy)

Karena masjid kami kan di pinggir jalan besar, jadi seumpama ada pengendara yang hendak berbuka itu kami sediakan untuk berbuka,
Jakarta (ANTARA) - Masjid KH Hasyim Asy'ari atau Masjid Raya Jakarta akan menyediakan takjil selama bulan Ramadhan 1441 Hijriah untuk orang-orang yang akan berbuka puasa di tengah pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Namun rencana pengadaan takjil tersebut hanya sebatas bagi anggota Dewan Kemakmuran Masjid dan pengendara kendaraan yang akan menepi untuk melaksanakan salat Magrib.

"Karena masjid kami kan di pinggir jalan besar, jadi seumpama ada pengendara yang hendak berbuka itu kami sediakan untuk berbuka," kata Pengurus DKM Masjid KH Hasyim Asy'ari, Mastur Anwar di Jakarta, Rabu.

Mastur mengatakan, pihaknya tetap mempersilahkan masyarakat yang akan menyumbang takjil berbuka.

Meski demikian, pihak Masjid KH Hasyim Asy'ari tidak mengadakan buka puasa bersama dengan jamaah, lantaran masih dalam rangka penerapan PSBB untuk tidak menciptakan kerumunan selama pandemi COVID-19.

Sehingga, jika ada takjil yang berlebih, rencananya akan dibagikan oleh pengurus masjid yang akan keliling ke pemukiman warga sekitar.

Perihal salat Tarawih, Mastur mengatakan pihaknya tetap mengikuti imbauan dari pemerintah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI), dengan membatasi jamaah hanya pada pengurus sekitar masjid saja.