Ditlantas Polda Sumbar akan latih ribuan pengemudi angkutan publik keselamatan berkendara

id Polda Sumbar, Ditlantas, covid-19, sumbar, berita padang

Ditlantas Polda Sumbar akan latih ribuan pengemudi angkutan publik keselamatan berkendara

Kapolda Sumbar Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Dirlantas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro saat peluncuran Program Keselamatan 2020 (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar akan melatih ribuan pengemudi angkutan publik di Sumatera Barat keselamatan berkendara melalui program Keselamatan 2020.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro di Padang, Kamis mengatakan untuk Sumatera Barat ada 7.639 pengemudi yang akan dilatih dalam waktu tiga bulan ke depan.

Ia mengatakan jumlah tersebut akan dibagi sesuai jumlah Polres di Sumatera Barat dan masing-masing akan melatih sekitar 400 orang lebih

Ia mengatakan Program Keselamatan 2020 sudah diluncurkan Kapolda Sumatera Barat Irjen pol Toni Harmanto bersama Pimpinan Wilayah BRI Sumatera Barat dan Kota Padang.

"Ini merupakan program Kakorlantas yang kita jalankan dan bersinergi dengan Bank BRI. Mereka yang dilatih akan diberikan uang tabungan sebesar Rp600 ribu per bulan," kata dia

Dalam peluncuran program tersebut Kapolda Sumbar telah memberikan arahan langsung kepada Kasat Lantas seluruh Polres di Sumatera Barat untuk menyukseskan kegiatan ini.

"Kita latih seluruh pengemudi angkutan publik mulai dari sopir, kernet, ojek, angkutan desa, becak dan lainnya," kata dia.

Ia mengatakan ada tiga materi yang akan diberikan kepada pengemudi yakni pencegahan COVID-19 kemudian pelatihan keselamatan berlalu lintas dan keselamatan berkendara.

"Dalam pelaksanaan tentu dilakukan sesuai protokol kesehatan yang ada. Tidak menutup kemungkinan dilakukan secara daring," kata dia.

Menurut dia pelatihan dan bantuan terhadap pengemudi angkutan publik sangat dibutuhkan saat pandemi COVID-19.

"Kita berikan mereka pengetahuan dan juga membantu untuk memenuhi kebutuhan mereka secara ekonomi," kata dia.