Ditlantas Polda Sumbar edukasi komunitas sopir cegah penyebaran COVID-19

id Polda Sumbar, Padang, Sumbar

Ditlantas Polda Sumbar edukasi komunitas sopir cegah penyebaran COVID-19

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat mengedukasi komunitas sopir angkutan umum di Kota Padang cara mencegah penyebaran COVID-19.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Yofie Girianto Putro di Padang, Kamis mengatakan edukasi ini bertujuan memberikan pengetahuan kepada sopir angkutan umum di daerah itu agar dapat meminimalkan penyebaran COVID-19.

Ia mengatakan edukasi yang diberikan mulai dari meningkatkan kepedulian dalam menjaga diri sendiri seperti selalu menggunakan masker dan rajin menggunakan cairan antiseptik untuk mencuci tangan.

Setelah itu dalam menjalankan aktifitas dapat mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak sosial untuk mencegah penyebaran virus.

"Edukasi diberikan langsung oleh tenaga kesehatan dari Dokkes Polda Sumbar," kata dia

Para pengemudi juga diberikan penjelasan gejala orang yang terpapar virus COVID-19 dan apa yang harus mereka lakukan jika menemui hal tersebut

Apabila menemui persoalan ini mereka tidak boleh menyentuh orang yang terpapar dan langsung membawa ke rumah sakit rujukan.

Serelah itu terhadap orang yang dinyatakan positif, pihaknya mengajak sopir tersebut tidak menganggap orang yang terjangkit sebagai sebuah aib di tengah masyarakat.

"Jangan mengucilkan mereka tapi kita harus lebih peduli agar kondisi pasien tidak menurun," kata dia.