Danrem 032/Wbr tebarkan bibit lele di kolam limbah TPA tingkatkan ketahanan pangan

id berita padang, padang terkini, berita sumbar,danrem 032/wbr

Danrem 032/Wbr tebarkan bibit lele di kolam limbah TPA tingkatkan ketahanan pangan

Danrem 032/Wbr tebarkan bibit lele di kolam limbah TPA tingkatkan ketahanan pangan (Antara/ Ist)

Padang (ANTARA) - Komandan Korem 032/Wbr Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo melaksanakan kegiatan penebaran bibit ikan lele di kolam limbah Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dampak dari Corona Virus Disaese (COVID-19).

"Penaburan ikan lele ini dilaksanakan di Aie Dingin Kelurahan Balai Gadang, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Sumbar, Rabu (15/4)," kata dia di Padang, Kamis.

Pada kesempatan itu, ia menjelaskan kolam yang ditaburi bibit lele awalnya merupakan kolam limbah, tetapi telah diolah menggunakan dekomposer Bios 44 untuk menghilangkan kandungan zat kimia yang berada dalam kolam tersebut.

"Sehingga bisa dimanfaatkan dan digunakan untuk dijadikan kolam ikan," ujar dia.

Lebih lanjut ia mengatakan kolam tersebut bertujuan untuk membangun ekosistem lingkungan sekitar TPA agar kembali normal seperti sedia kala.

"Diharapkan ketika kolam itu panen, dapat dimanfaatkan untuk ketahanan pangan masyarakat dalam menghadapi situasi pandemi COVID-19 yang telah meluluhlantakkan persendian masyarakat,” katanya.

Selain penaburan bibit ikan lele, sebelumnya Danrem 032/WBR telah melakukan penaburan bibit ikan mas di bekas kolam limbah TPA Air Dingin.

Kemudian dalam penaburan tersebut, Danrem menaburkan bibit ikan lele sebanyak 200 ekor bibit lele jumbo, kata dia.

"Dalam penaburan bibit ikan lele tersebut, turut dihadiri oleh Kasrem 032/WBR Kolonel Inf Edi Nurhabad, Kepala UPT TPA Sampah Kota Padang Gusriandi Putra," kata dia.

Kemudian juga hadir pada waktu itu Pengawas DLH Pemkot Padang Epon Dinur, para Kasi Korem 032/WBR, Dandim 0312/Padang Kolonel Arh Nova Mahanes Yudha, Kasubbid Kesiapsiagaan BPBD Sumbar Ilham, Danramil 06/Koto Tangah Kapten Inf Setianis, para Babinsa Koramil 06/Koto Tangah dan masyarakat sekitar. (*)