Pernah kontak dengan pasien positif COVID-19, seluruh pegawai Puskesmas Tarusan dikarantina

id pandemi covid-19,pegawai puskesmas dikarantina,penularan covid-19 di pesisir selatan,virus corona

Pernah kontak dengan pasien positif COVID-19, seluruh pegawai Puskesmas Tarusan dikarantina

ILUSTRASI: Bahaya virus corona yang mematikan. (ANTARA/Shutterstock/am.)

​​​​​​​Painan, (ANTARA) - Seluruh pegawai di Puskesmas Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat dikarantina terhitung sejak Kamis karena mereka diduga kontak dengan pasien positif terinfeksi virus Corona jenis baru atau COVID-19.

"Di Puskesmas Koto XI Tarusan terdapat 58 pegawai yang terdiri dari tenaga medis, para medis, sopir dan lainnya," kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pesisir Selatan, Rinaldi di Painan, Kamis.

Hanya saja dari 58 pegawai itu, baru 51 orang yang datang ke rusunawa di Painan Selatan sebagai lokasi karantina yang disiapkan pemerintah kabupaten setempat.

"Jika menjelang malam masih ada yang belum datang dengan kesadaran sendiri, maka Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 akan menjemput ke kediaman masing-masing," ungkapnya.

Karantina dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19, sehingga virus tersebut tidak menyebar ke keluarga dan warga sekitar mereka.

Pada masa karantina akan dilakukan pemeriksaan swab untuk memastikan apakah ada yang positif terinfeksi COVID-19 atau tidak.

Mereka yang positif selanjutnya akan menjalani perawatan di rumah sakit yang ditunjuk dan bagi yang negatif akan dipulangkan.

Dari 51 orang yang menjalani karantina sebanyak 33 orang telah menjalani pemeriksaan swab dan ditarget besok Jumat (17/5) semuanya menjalani pemeriksaan swab.

Terkait hal itu untuk sementara waktu pelayanan kesehatan di Puskesmas Koto XI Tarusan dihentikan menjelang situasi semakin membaik.

Bagi masyarakat di sana yang membutuhkan pelayanan kesehatan direkomendasikan untuk datang ke pelayanan kesehatan terdekat seperti Puskesmas Barung Barung Belantai, Puskesmas Pasar Baru dan lainnya. (*)