BKKBN Sumbar gelar rapat daring jalankan program Bangga Kencana saat COVID-19

id BKKBKN, Sumbar, Padang

BKKBN Sumbar gelar rapat daring jalankan program Bangga Kencana saat COVID-19

Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Etna Estelita melakukan rapat bersama Wagub Sumbar dan ratusan petugas lapangan KB di Sumbar terkait program Bangga Kencana (Istimewa)

Padang, (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Bencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatera Barat menggelar rapat dalam jaringan dengan ratusan petugas lapangan untuk menyukseskan program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga Kependudukan da Keluarga Berencana) di saat pandemi COVID-19.

"Melalui rapat ini diharapkan petugas lapangan tetap bekerja saat pandemi, tentu bekerja dari rumah dan memperhatikan protokol kesehatan," kata Kepala BKKBNPerwakilanSumbar Etna Estelita di Padang, Kamis.

Menurut dia saat pandemi COVID-19 target capaian pengguna KB bulan ini mengalami penurunan.

"Ini tentu berdampak pada target tahunan kita nanti. Kita berharap petugas tetap bekerja mengajak menggunakan KB," kata dia.

Ia mengatakan saat ini memang ada tantangan tersendiri karena adanya larangan membuat kegiatan yang mengumpulkan orang banyak.

Menurut dia untuk warga yang ingin memasang KB sebaiknya menggunakan pil atau kondom namun apabila alat KB ada di bidan setempat dapat melakukan janji.

"Mata anggaran pemasangan KB memang untuk jumlah banyak tentu ini tidak diperbolehkan," kata dia.

Sementara Wakil Gubernur Sumatera BaratNasrul Abit mengatakan program KB harus tetap jalan dan petugas di lapangan yang ada di setiap kota dan kabupaten harus bekerja ekstra.

Adanya kebijakan bekerja dari rumah dan pembatasan sosial membuat suami istri berkumpul di rumah.

"Ini tentu jadi perhatian bersama dan kita harus bekerja sama agar angka kelahiran dapat diturunkan," kata dia.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar