Perantau Minang Amerika Salurkan Bantuan Seragam Sekolah

id Perantau Minang Amerika Salurkan Bantuan Seragam Sekolah

Perwakilan Perantau Minang asal Amerika Duta Mardin Umar menyerahkan bantuan secara simbolis seragam sekolah di SDN 34 Baringin, disaksikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Bupati Agam Indra Catri.

Padang, (ANTARA) - Perantau Minang asal Amerika Serikat (AS) menyalurkan bantuan seragam sekolah di Kenagarian Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatera Barat sebagai wujud kepedulian atas keberlangsungan pendidikan generasi di kampung halaman.

Bantuan seragam sekolah diberikan untuk murid sejumlah SDN di antaranya SDN 34, SDN 10 dan SDN 14, diserahkan langsung perwakilan perantau Minang Duta Mardin Umar disaksikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Bupati Agam Indra Catri di SDN 34 Baringin, Selasa.

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumbar juga menyalurkan bantuan Al Quran dan buku untuk pustaka di SD terpencil itu.

Gubernur menyampaikan, kitab Al Quran dan buku-buku yang diserahkan merupakan bantuan dari salah satu lembaga swadaya masyarakat di Timur Tengah.

Atas bantuan yang diberikan para perantau Minang di AS, ia berharap dapat dimanfaatkan secara baik sehingga dapat menunjang kelanjutan pendidikan.

"Generasi muda Minang, khususnya di Kenagarian Baringin, Agam mesti mencontoh para perantau yang tidak lupa dengan kampung halaman," ujarnya.

Ia juga mengapresiasi perantau Minang di AS, meski tinggal di negara yang sekuler tetapi tidak menghilangkan identitas sebagai generasi berdarah Minang yang punya adat dan budaya serta sebagai umat Muslim.

Duta Mardin Umar mengatakan, sumbangan yang diberikan perantau Minang di AS merupakan yang ke-10 kalinya ke sekolah-sekolah di provinsi itu.

"Kepedulian terhadap dunia pendidikan sudah menjadi salah satu program bagi perkumpulan perantau Minang di Amerika Serikat. Kita berharap masyarakat tidak melihat nilai yang diberikan perantau, tapi wujud kepedulian terhadap masyarakat di Ranah," ujarnya.

Menurut dia, bantuan itu berkat informasi masih ada anak kemenakan di kampung yang tidak sekolah karena terkendala seragam.

Penetapan wilayah penerima bantuan berdasarkan pertimbangan kondisi perkembangannya dan salah satu indikatornya berada di daerah terpencil.

Duta menyebutkan, misi yang digagas perantau Minang di AS selain bidang pendidikan juga berkaitan dengan menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah.

Kemudian juga mempromosikan pariwisata dan budaya Minangkabau di negara Paman Sam, dimana pada 2008 telah dimulai dan direncanakan tahun depan akan ada penampilan kesenian Minang di AS.

Bupati Agam, Indra Catri menyampaikan apresiasi atas kepedulian perantau Minang di AS yang telah memberi bantuan bidang pendidikan. (*/sir)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar