Pengurus Masjid Nurul Furqan Padang Panjang salurkan bantuan bagi warga terdampak COVID-19

id warga Kelurahan Tanah Pak Lambik,padang panjang,warga terdampak COVID-19

Pengurus Masjid Nurul Furqan Padang Panjang salurkan bantuan bagi warga terdampak COVID-19

Penyaluran bantuan untuk warga Kelurahan Tanah Pak Lambik. (Foto Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang, (ANTARA) - Pengurus Masjid Nurul Furqan Kelurahan Tanah Pak Lambik, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat menyalurkan bantuan tahap ke dua bagi warga terdampak mewabahnya virus corona jenis baru.

Bantuan berupa bahan pangan tahap ke dua diserahkan untuk 200 kepala keluarga (KK) di delapan RT di Kelurahan Tanah Pak Lambik, Selasa.

Ketua Pengurus Masjid Nurul Furqan Sumanto mengatakan bantuan tahap ke dua itu bersumber dari seorang warga yang peduli dengan kondisi masyarakat yang terdampak mewabahnya virus itu.

"Ada warga yang tidak ingin disebutkan namanya memberikan sedekah untuk membantu warga terdampak. Kami lalu data warga yang terdampak untuk diberikan bantuan tersebut," katanya.

Dari pendataan yang dilakukan terhadap 400 KK di Kelurahan Tanah Pak Lambik, terdapat 200 KK yang dinilai membutuhkan bantuan.

Untuk menghindari berkumpulnya warga, penyaluran bantuan dilakukan bergantian dengan waktu satu jam untuk dua RT. Warga yang menerima bantuan datang ke masjid untuk menjemput haknya.

Sementara bantuan tahap pertama diberikan pada 116 kepala keluarga pada penghujung Maret 2020 yang sumbernya dari dana sedekah masyarakat untuk warga kurang mampu.

Ketua Bidang Dakwah Ustadz Erianto mengatakan penyaluran bantuan tersebut menurutnya menjadi bentuk berjalannya fungsi masjid dalam bidang sosial-ekonomi. Fungsi lainnya yaitu sebagai tempat ibadah, pelaksanaan pendidikan dan dakwah.

"Inilah upaya mengembalikan fungsi mesjid terhadap persoalan menurunnya perekonomian masyarakat akibat terdampak dari virus corona jenis baru," katanya.

Menurutnya tanggung jawab mengatasi dampak corona tidak hanya diserahkan kepada pemerintah saja tetapi membutuhkan keterlibatan berbagai kalangan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar