Riza Falepi: kemungkinan siswa belajar di rumah sampai akhir tahun ajaran

id riza falepi,pandemi covid-19,payakumbuh

Riza Falepi: kemungkinan siswa belajar di rumah sampai akhir tahun ajaran

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi. (ANTARA/Akmal Saputra)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Riza Falepi mengatakan ada kemungkinan siswa di daerah tersebut akan melaksanakan belajar di rumah hingga akhir tahun ajaran.

"Kemungkinan belajar di rumah bisa terus diperpanjang sampai akhir tahun ajaran ini. Mengingat kondisi saat ini," kata Riza di Payakumbuh, Selasa.

Apalagi, katanya saat ini siswa dapat mengikuti belajar melalui stasiun TVRI yang merupakan program dari Kemendikbud dan stasiun TV tersebut.

"Sekarang akan kita perpanjang selama 14 hari lagi, kita terus memantau keadaan dan bisa terus diperpanjang. Saat ini kan juga ada pembelajaran melalui TVRI," ujarnya.

Terpisah, Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan sesuai dengan jadwal, pelaksanaan belajar dari rumah akan berakhir 15 April ini dan akan diperpanjang sampai dengan 29 April.

"Saat ini edaran sedang dibuat dan nantinya akan kita sebarkan lagi. Memang ini akan diperpanjang bertahap, sesuai dengan kondisi," sebutnya.

Perpanjangan masa belajar dari rumah ini, katanya merupakan yang ketiga kalinya semenjak pandemi COVID-19.

Untuk itu, Rida mengimbau agar seluruh wali murid agar kooperatif dengan ikut mengawasi, memantau, dan mendampingi peserta didik selama kegiatan belajar di rumah dilaksanakan.

"Selama belajar di rumah anak-anak usia sekolah dilarang ngumpul-ngumpul di keramaian dan beraktivitas di luar, kalau kedapatan maka akan ditindak oleh aparat berwenang," ujarnya.

Rida mengatakan pihaknya melalui Satpol-PP Payakumbuh akan terus memantau aktifitas siswa yang masih sering ke luar rumah. (*)