Padang Panjang bekali petugas kebersihan dengan APD saat bekerja

id berita padang panjang,alat pelindung diri,covid-19

Padang Panjang bekali petugas kebersihan dengan APD saat bekerja

Pembagian pelindung wajah untuk petugas kebersihan Padang Panjang. (ANTARA/HO-Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat membekali petugas kebersihan daerah setempat dengan alat pelindung diri ketika bekerja untuk memberi perlindungan dari risiko tertular virus corona jenis baru.

"Alat pelindung diri yang disediakan adalah hasil swadaya pegawai di Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup agar petugas tetap dapat bekerja di tengah wabah," kata Kepala Dinas Permukiman dan Lingkungan Hidup Padang Panjang Wita Desi Susanti di Padang Panjang, Senin.

Alat pelindung diri yang diberikan kepada setiap petugas kebersihan berupa pelindung wajah atau face shield, sarung tangan dan masker.

Petugas yang menerima alat pelindung diri tersebut yaitu petugas penyapu jalan utama, supir truk angkut sampah, petugas tempat pembuangan akhir (TPA), petugas pasar, petugas saluran dan petugas lain dengan tanggung jawab menjaga kebersihan kota.

“Alat pelindung diri dibagikan kepada 185 petugas dengan pembagian setiap orang mendapat dua buah masker, dua pasang sarung tangan dan satu face shield," katanya.

Penyediaan alat pelindung bagi petugas kebersihan menurutnya bentuk tanggung jawab instansi terhadap petugas agar tetap dapat menjalankan pekerjaannya namun tetap terlindungi dari risiko penularan virus.

"Petugas kebersihan juga menjadi garda terdepan dalam memberantas penyebaran virus karena tugasnya yang berhubungan dengan kebersihan," ujarnya.

Karena itu ia mengimbau masyarakat ikut membantu menjaga kebersihan dan lingkungan agar dapat memutus penyebaran virus corona jenis baru.

"Semoga wabah ini cepat berlalu. Mari selalu terapkan kebiasaan cuci tangan dengan air mengalir, jaga kebersihan diri sendiri, keluarga, dan lingkungan," katanya.