Warga binaan Lapas Padang diberdayakan membuat masker dan APD

id Lapas Padang,warga binaan buat masker,alat pelindung diri,covid-19

Warga binaan Lapas Padang diberdayakan membuat masker dan APD

Pegawai Lapas Padang memperlihatkan masker serta baju APD yang dibuat oleh warga binaan, di Padang, Senin (13/4). (ANTARA/HO)

Padang (ANTARA) - Warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro Padang, Sumatera Barat (Sumbar) membuat puluhan masker dan Alat Pelindung Diri (APD) di tengah kondisi pandemi COVID-19.

"Pembuatan masker dan APD ini dilakukan setelah Lapas menjalani kerja sama dengan pihak ketiga, sudah berjalan sekitar satu minggu," kata Kepala Lapas Padang Arimin, di Padang, Senin.

Ia mengatakan dalam satu hari setidaknya warga binaan mampu membuat 80-100 masker, dan 5-10 unit APD jika bahan mencukupi.

Masker tersebut terbuat dari bahan kain, sementara APD menggunakan bahan dari spunbond.

Ia mengatakan barang yang diperlukan untuk membuat barang itu dipasok oleh pihak ketiga.

"Mereka memasok bahan dan memberikan contoh masker dan baju yang akan dibuat ke warga binaan yang sebelumnya juga telah memiliki keterampilan menjahit," katanya.

Selain itu pemasaran produk yang telah dihasilkan oleh warga binaan juga dilaksanakan oleh pihak ketiga.

"Jadi warga binaan sifatnya hanya membuat saja, ada 15 warga binaan yang ikut dalam proses produksi ini," katanya.

Ia menjelaskan sebelumnya para warga binaan itu juga telah mendapat pelatihan dan membuat sejumlah produk dari Lapas Padang.

"Warga binaan mendapatkan ongkos pembuatan masker dan baju APD dari pihak ketiga yang diserahkan melalui Lapas Padang," katanya.

Pada bagian lain, saat ini pihak Lapas Padang telah mengeluarkan sebanyak 95 warga binaan dari penjara usai menerima asimilasi terkait COVID-19.