Tinggal tiga kecamatan di Padang yang masih zona hijau COVID-19, berikut daftarnya

id kecamatan zona hija di padang, berita padang, berita sumbar, corona, Covid-19

Tinggal tiga kecamatan di Padang yang masih zona hijau COVID-19, berikut daftarnya

Wali Kota Padang Mahyeldi. (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang mengumumkan hingga saat ini tinggal tiga kecamatan di kota itu yang masih nol kasus positif Corona Virus Disease (COVID-19).

"Dari 11 kecamatan yang ada tinggal Kecamatan Padang Selatan, Nanggalo dan Bungus Teluk Kabung," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Senin.

Ia merinci hingga saat ini di Kecamatan Padang Timur terdapat 13 kasus, Padang Utara satu kasus, Koto Tangah lima kasus, Kuranji tiga kasus, Lubuk Begalung satu kasus, Lubuk Kilangan satu kasus, Padang Barat dua kasus, dan Pauh satu kasus.

Baca juga: Lebih siaga, 11 warga Padang positif corona dalam satu hari, ada yang beraktivitas di pasar

Menyikapi hal ini ia meminta masyarakat untuk disiplin melaksanakan semua instruksi pemerintah dalam pencegahan COVID-19.

"Bagi yang keluar rumah pakai masker, jaga jarak dan lakukan pembatasan sosial," kata dia.

Menurut dia kunci pencegahan penularan COVID-19 bukan pada petugas kesehatan melainkan pada masyarakat yang proaktif melaksanakan semua instruksi yang telah dikeluarkan.

Sejalan dengan itu Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani mengungkapkan terjadinya lonjakan kasus positif pada Minggu (12/4) karena pihaknya melakukan penelusuran kontak dengan pasien positif dan dilakukan tes.

Baca juga: Masyarakat berstatus OPD dan PDP mulai masuki tempat karantina yang disiapkan Pemprov Sumbar

Ia menyebutkan hingga saat ini terdapat 272 orang yang terkonfirmasi melakukan kontak erat dengan pasien yang positif.

Kepada masyarakat ia mengimbau tidak perlu khawatir terlalu berlebihan karena mereka yang positif bukan aib.

"Warga yang positif tetap harus diperlakukan dengan baik, mari beri dukungan untuk sembuh, jangan sampai dikucilkan," kata dia.

Ia kembali menegaskan virus tidak menular lewat udara namun lewat droplet atau cairan mulut karena itu agar tidak tertular tetap menjaga jarak dam pakai masker ke luar rumah.

Baca juga: Total 25 orang positif COVID-19 di Padang, bertambah enam orang berasal dari dua keluarga

Terkait dengan terbatasnya daya tampung rumah sakit bagi pasien positif Pemkot Padang telah menyiapkan sejumlah lokasi untuk isolasi mandiri.

Bagi pasien positif yang kesulitan melakukan isolasi mandiri di rumah disiapkan lokasi yaitu di Bapelkes Padang, Badan Diklat Provinsi dan Asrama Haji, Rusunawa Lubuk Buaya, dan Pasir Nan Tigo, ujarnya. (*)