IKESMA serahkan APD untuk petugas medis di Payakumbuh dan Limapuluh Kota

id Ikesma Payakumbuh,berita Payakumbuh,Payakumbuh terkini,berita sumbar,serahkan apd,petugas medis

IKESMA serahkan APD untuk petugas medis di Payakumbuh dan Limapuluh Kota

Ikatan Keluarga Eks SMA Payakumbuh (Ikesma) saat menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis di Kota Payakumbuh. (Dok Ikesma)

Payakumbuh, (ANTARA) - Ikatan Keluarga Eks SMA Payakumbuh (Ikesma) menyerahkan bantuan berupa Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas medis di dua Rumah Sakit, delapan Puskesmas di Kota Payakumbuh dan dua Puskesmas di Kabupaten Limapuluh Kota.

Baksos IKESMA yang sebelumnya direncanakan mengadakan Penyuluhan dan Pemeriksaan Jantung Koroner (EKG) oleh Ketua Pelaksana Muhammad Kadrial dialihkan menjadi kegiatan membantu Petugas Medis dengan memberikan APD agar petugas medis sebagai garda depan terjaga dari penyebaran wabah virus corona.

Sumber dana untuk pengadaan APD itu berasal dari pengalihan sebagian anggaran HBH dalam rangka Reuni Akbar IKESMA 2020 (RAI 2020), dana sponsor dan penggalangan dana melalui media sosial beberapa Grup WA IKESMA.

“Alhamdulillah pengumpulan dana Baksos untuk menahan lajunya wabah virus Corona di 'kampuang awak' melalui pembagian baju, kaca mata, sarung tangan, sarung kaki dan masker sampai hari Senin (6/4) sudah didapatkan dana sekitar Rp57 juta baik berupa uang maupun barang,” kata Muhammad Kadrial.

APD tersebut sudah mulai dibagikan pada Rabu (8/4) kepada Petugas Medis di RSUD Adnaan WD, RS Ibnu Sina, Puskesmas Padang Karambia disaksikan oleh Bapak Wakil Wali Kota Payakumbuh.

Distribusi bantuan dilanjutkan pada Kamis (9/4) hingga Sabtu (11/4) ke Puskesmas Tiakar, Puskesmas Lampasi, Puskesmas Ibuh, Puskesmas Tarok, Puskesmas Payolansek, Puskesmas Parit Rantang, Puskesmas Pangkalan, Puskesmas Tanjung Pati, Pasa Ibuah yang dibagikan langsung ke pedagang.

Selain itu juga sudah dipasang spanduk berisi edukasi dan ajakan agar selalu waspada dan berhati-hati dalam penyebaran wabah virus corona pada lokasi strategis, antara lain di Simpang Benteng, Simpang Bunian, Simpang Labuah Basilang dan Simpang Tugu di pusat Kota Payakumbuh.

Ketua Pelaksana RAI 2020 Muhammad Kadrial menyampaikan terima kasih kepada para donatur dan sponsor.

“Alhamdulillah, semoga donasi dari 'dunsanak' ini dibalas dengan catatan pahala yang banyak, rezeki yang melimpah dan Allah jauhkan dari segala penyakit,” harapnya.

Ketua umum Ikesma Erizal Azhar mengapresiasi diadakannya kegiatan sosial bagi masyarakat Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota yang dikoordinir Panitia Reuni Akbar IKESMA 2020.

“Bantuan APD ini adalah salah satu bentuk keperdulian keluarga besar IKESMA bagi saudara kita di kampuang halaman.” katanya.

Ia berharap bantuan dari IKESMA ini bermanfaat bagi warga di kampung halaman dan terima kasih kepada para donatur yang sudah mendukung dan berpartisipasi dalam Bakti Sosial ini, tutupnya. (*)