Kelurahan di Padang Panjang manfaatkan pos ronda sebagai posko COVID-19

id posko covid-19,pos ronda,padang panjang

Kelurahan di Padang Panjang manfaatkan pos ronda sebagai posko COVID-19

Posko COVID-19 Kelurahan Guguk Malintan. (ANTARA/HO-Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Kelurahan Guguk Malintang di Kota Padang Panjang, Sumatera Barat memanfaatkan pos ronda sebagai posko penanggulangan COVID-19 dan membentuk tim Satgas Siaga COVID-19.

Hal tersebut merupakan bentuk keseriusan warga mendukung upaya memutus rantai penyebaran virus corona jenis baru yang menyerang sistem pernapasan tersebut.

Ketua RT 02 Kelurahan Guguk Malintang (Gumala) Moonce Datuak Sinaro Bareno mengatakan posko dibentuk bermula dari kepedulian warga agar dapat secara bersama-sama memberantas penyebaran virus.

Semula upaya yang terlintas untuk dilakukan adalah melaksanakan penyemprotan disinfektan ke rumah-rumah warga di wilayah RT 02 Kelurahan Gumala.

"Lalu dari pertemuan lanjutan yang digelar untuk menentukan langkah lainnya dalam pencegahan, akhirnya didirikan posko COVID-19 ini pada Sabtu(4/4) yang semula adalah pos ronda," katanya.

Ia mengatakan fungsi pos ronda tetap dijalankan dan sebagai posko COVID-19 kini pos ditambah sarana tempat warga mencuci tangan dan antiseptik tangan yang semuanya merupakan sumbangan warga setempat.

Karena letaknya di tepi jalan raya, posko tersebut juga dijadikan sebagai tempat pemantauan bagi orang yang keluar masuk di Kelurahan Gumala khususnya ke RT 02 terutama para perantau yang pulang kampung.

"Khususnya bagi warga RT 02 yang pulang dari perantauan terlebih dahulu harus melapor ke Ketua RT dan setelah itu akan didata dan datanya akan dilaporkan ke kelurahan," katanya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar