PLN Sumbar sudah terapkan pembebaskan tagihan dan diskon listrik

id Pln, tagihan gratis, covid, daya 450 va, sumbar, berita padang

PLN Sumbar sudah terapkan pembebaskan tagihan dan diskon listrik

Zulmaini, salah satu pelanggan PLN yang menerima kebijakan keringan pembayaran tagihan listrik akibat Covid-19, (Ist)

Padang (ANTARA) - Kebijakan Pemerintah dalam membebaskan pembayaran listrik bagi pelanggan Rumah Tangga dengan daya 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi sudah diterapkan di Sumatera Barat.

Keringanan biaya listrik yang berlaku selama tiga bulan tersebut (April, Mei, Juni 2020) sebagai bentuk stimulus untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak akibat merebaknya virus Covid-19.

General Manager PLN UIW Sumbar Bambang Dwiyanto, di Padang, Kamis, menjelaskan saat ini ada sebanyak 245.972 pelanggan listrik rumah tanggan 450 VA dan 238.663 pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi di Sumatera Barat.

“Untuk pelanggan pasca bayar pembebasan tagihan bagi pelanggan rumah tanggan 450 VA dan diskon 50 persen bagi pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi sudah berlaku mulai periode ini,"katanya.

Sementara untuk pelanggan prabayar pihaknya akan berikan token gratis sebesar pemakaian bulanan tertinggi selama pemakaian tiga bulan terakhir.

Pelanggan bisa mendapatkan token isi ulang gratis dengan mengakses website PLN www.pln.co.id, bisa melalui whatsapp atau telegram ke 08122123123, jelas Bambang.

Mekanisme pemberian stimulus dibuat dengan teknis yang paling mudah dan tidak menyulitkan pelanggan.

Proses untuk pelanggan pasca tidak ada masalah karena pembebasan tagihan akan diterima pelanggan pada setiap periode berjalan.

Namun proses penerbitan token berjalan secara bertahap dan akan diterima oleh keseluruhan pelanggan paling lambat pada 11 April 2020.

Bambang menambahkan bahwa pelanggan yang sudah terlanjur membeli token maka token akan tetap diperhitungkan pada pembelian bulan berjalan, sehingga tidak akan hilang.

“PLN mendukung kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk menjaga perekonomian masyarakat yang kurang mampu ditengah situasai pandemic saat ini. Harapan kami program ini dapat meringankan beban masyarakat yang kini cukup berat,” tambah Bambang.

Salah satu penerima manfaat stimulus Covid-19 di wilayah Sumatera Barat, Zulmaini, mengungkapkan perasaan haru dan syukurnya terhadap adanya program ini.

“Terima kasih kepada pemerintah yang telah meringankan beban kami dalam masa-masa sulit ini. Terima kasih juga kepada PLN yang telah memberikan listrik gratis pada kami sehingga dapat membantu kami dalam bekerja dan hidup sehari-hari,” ujar Zulmaini.
Pelanggan PLN yang menerima kebijakan keringan pembayaran tagihan listrik akibat Covid-19, (Ist)