Kejari Solok siap awasi penyaluran berbagai bantuan terkait COVID-19

id Kejari Solok,Pandemi Covid-19,virus corona,bantuan pangan

Kejari Solok siap awasi penyaluran berbagai bantuan terkait COVID-19

Kepala Kejaksaan Negeri Solok, Donny Haryono Setiawan. (ANTARA/HO-Syafriadi)

Solok (ANTARA) - Kejaksaan Negeri (Kejari) Solok, Sumatera Barat akan mengawasi penyaluran berbagai bantuan dalam penanggulangan penyebaran COVID-19 untuk memastikan bantuan tersebut tepat sasaran.

Kepala Kejaksaan Negri (Kajari) Solok, Donny Haryono Setiawan di Solok, Rabu menegaskan dalam pendistribusian APD dan penyaluran bantuan jaring pengaman sosial (pangan) bagi masyarakat terdampak ekonomi akibat virus Corona atau COVID-19, agar sesuai dengan peruntukannya.

"Dan keberadaan petugas Kejari Solok untuk memastikan tidak ada tindakan dan perbuatan penyelewengan dalam penyaluran bantuan pemerintah itu," sebutnya didampingi Kasi Intel Ulfan Yustian Arif.

Meski demikian, katanya aparatur pemerintah tidak perlu takut dalam menyalurkan bantuan. Petugas Kejari Solok akan membantu melakukan pengawalan terhadap penyaluran bantuan bagi masyarakat yang terdampak secara ekonomi akibat COVID-19.

Ia menegaskan pihaknya akan melakukan penindakan secara tegas apabila ditemukan penyelewengan terhadap bantuan yang diberikan.

Selain ikut melakukan pengawasan terhadap penyaluran bantuan, pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap perbuatan dan tindakan penimbunan alat-alat kesehatan sepeti masker, APD, sembako dan berita hoax yang membuat masyarakat resah.

Untuk itu, menurutnya, petugas harus teliti dan cermat dalam melakukan pendataan dan penyaluran bantuan terhadap masyarakat yang berhak menerima di wilayah masing-masing, selain itu juga memverifikasi langsung ke lapangan.

Semua pihak lanjut perlu menyadari bahwa musibah COVID-19 yang terjadi saat ini memiliki dampak yang luar biasa terhadap ekonomi masyarakat.

Tidak saja ancaman kesehatan, kondisi ini juga berdampak pada penghasilan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

"Jadi jangan ada niat untuk mencari keuntungan dalam situasi ini, masyarakat sudah susah. Kami akan benar-benar mengawasi, agar bantuan yang diberikan pemerintah memang tepat sasaran," tegasnya.

Sebelumnya Pihak Kejaksaan Negeri Solok juga terlibat langsung dalam tim gugus tugas penanganan COVID-19. Namun dalam pengawasan, pihaknya juga menjalankan fungsi fungsi pengawasan oleh petugas Kejaksaan.