Pasien positif COVID-19 di Sumbar jadi 21 orang, tambahan dari Bukittinggi dan Padang

id positif corona,pasien positif covid-19 sumbar,covid-19 di Sumbar,berita corona

Pasien positif COVID-19 di Sumbar jadi 21 orang, tambahan dari Bukittinggi dan Padang

Laman resmi penanganan COVID-19 di Sumbar. (ANTARA/Miko Elfisha)

Padang (ANTARA) - Jumlah pasien yang terkonfirmasi positif terpapar COVID-19 di Sumatera Barat terus bertambah dari awalnya 18 orang pada Senin (6/4) menjadi 21 orang pada Selasa (7/4).

Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman di Padang mengatakan tiga orang yang positif itu masing-masing perempuan (26) asal Bukittinggi, pria usia 38 tahun dan satu perempuan (22) asal Padang.

Dua pasien dari Padang ketahuan positif Covid-19 setelah melakukan tes swab secara mandiri. Kondisi mereka berdua tidak menunjukkan gejala sama sekali. Saat ini keduanya menjalani isolasi mandiri.

Mengutip laman resmi penanganan COVID-19 di Sumbar, https://corona.sumbarprov.go.id sebagian besar pasien yang telah terkonfirmasi positif tersebut diisolasi di rumah sendiri dengan pengawasan ketat dari petugas kesehatan.

Dari 21 kasus itu hanya sembilan orang yang dirawat di Rumah Sakit rujukan sementara 10 orang melakukan isolasi diri di rumah. Dua pasien lagi masing-masing satu sembuh dan satu meninggal dunia.

Sebelumnya kabupaten/kota yang telah masuk zona merah karena ada warganya yang terpapar COVID-19 adalah Kota Padang, Pesisir Selatan, Padang Pariaman, Bukittinggi, Tanah Datar dan yang terbaru adalah Pasaman.

Namun, pasien dari Tanah Datar yang merupakan staf sekretariat DPRD setempat telah dinyatakan sembuh berdasarkan dua kali uji spesimen di laboratorium.

Data sementara dari laman corona.sumbarprov.go.id, jumlah Orang Dalam Pemantauan di Sumbar 3.873 orang. Sebanyak 2.187 orang telah selesai dipantau dan 1.686 masih dalam proses.

Sementara Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 91 orang dengan rincian 21 orang masih dirawat, 7 orang isolasi di rumah dan 63 orang telah dinyatakan negatif.

Meski jumlah pasien positif COVID-19 bertambah, namun sebagian pasien yang telah mendapatkan perawatan kondisinya disebut makin membaik bahkan satu pasien di RS Achmad Muctar Bukittinggi dinyatakan sembuh dan dua lagi diperboleh pulang.

Dua orang yang diperbolehkan pulang tersebut kondisinya sudah membaik dan menunggu hasil tes selanjutnya. Jika hasilnya negatif, bisa dinyatakan semvuh.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno berharap jumlah pasien yang bisa sembuh dari COVID-19 di daerah itu bisa terus bertambah. (*)