Orang dalam pemantauan COVID-19 di Pasaman Barat terus meningkat

id berita pasaman barat, berita sumbar, covid-19

Orang dalam pemantauan COVID-19 di Pasaman Barat terus meningkat

Juru Bicara Satgas COVID-19 Pasaman Barat, Gina Alecia (kanan). (antarasumbar/Altas Maulana)

Sehari sebelumnya 117 orang. Hari ini meningkat menjadi 127 orang,
Pasaman Barat (ANTARA) - Orang Dalam Pemantauan (ODP) Corona Virus Disease (COVID-19) di Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) terus mengalami peningkatan hingga Selasa (7/4).

"Sehari sebelumnya 117 orang. Hari ini meningkat menjadi 127 orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tetap enam orang," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Gina Alecia di Simpang Empat, Selasa.

Ia menyebutkan dari 127 orang itu, 18 orang sudah selesai pemantauan dan dalam kondisi sehat. Sedangkan 109 orang masih dalam pemantauan.

"Memang ODP terus mengalami peningkatan sebab pelaku perjalanan yang pulang kampung juga terus meningkat. Hingga saat ini mencapai 3.578 orang," ujarnya.

"Ia mengajak kepada semua pelaku perjalanan agar melalukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari serta melalukan cek kesehatan," tambahnya.

Pihaknya terus mengimbau kepada warga agar tetap waspada. Jangan adakan keramaian, pakai masker, sering cuci tangan, jaga kebersihan diri dan lingkungan.

Pemkab Pasaman Barat juga memperketat pengawasan di tiga titik perbatasan terhadap orang yang masuk ke Pasaman Barat.

Setiap warga yang masuk ke Pasaman Barat distop dan diperiksa suhu tubuh, dicatat dari mana, tujuan kemana dan dicatat alamat lengkap.

"Masing-masing orang didata dan dicatat alamat dan nomor telephonenya. Jika suhu tubuhnya tinggi dan mempunyai riwayat perjalanan dari daerah pendemi maka akan dipantau dan masuk ODP," tegasnya.