Ormas TABIR lakukan penyemprotan disinfektan di komplek perumahan warga

id tabir,padang,semprot disinfektan

Ormas TABIR lakukan penyemprotan disinfektan di komplek perumahan warga

Ketua Umum TABIR Desrio Putra bersama anggota saat melakukan penyemprotan disinfektan di kawasan Belimbing, Kuranji, Padang, pada Minggu (5/4). (ANTARA/Fathul Abdi)

Padang (ANTARA) - Organisasi Tanggap Bencana Indonesia Raya (TABIR) melakukan penyemprotan disinfektan di komplek perumahan warga di kawasan Belimbing, Kuranji, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Ini merupakan bakti sosial yang kami lakukan dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona berupa penyemprotan disinfektan," kata Ketua Umum TABIR sekaligus anggota DPRD Sumbar Desrio Putra, di Padang, Minggu.

Ia memperkirakan dalam kegiatan hari itu ada sekitar 30.000 liter yang disemprotkan di jalan serta pekarangan rumah warga.

Penyemprotan dilakukan menggunakan mobil tangki serta beberapa petugas yang menyemprot dengan berjalan kaki.

Ia menegaskan dalam kondisi pandemi saat ini tugas pencegahan harus dilakukan semua pihak, bukan hanya dari pemerintah saja.

"Pemerintah telah membuat protokolnya, kita harapkan setelah penyemprotan ini warga juga melakukannya secara mandiri, untuk menjaga kebersihatan dan kesehatan lingkungan," katanya.

Ia menargetkan dalam sepuluh hari mendatang penyemprotan bisa menyentuh 25 ribu rumah warga di Kota Padang, dengan menggilir masing-masing kecamatan.

Selain penyemprotan, pihaknya juga sekaligus memantau kondisi kesehatan masyarakat yang mungkin mengeluhkan gejala-gejala COVID-19.

"Warga tersebut akan langsung diantar ke rumah sakit dengan ambulans yang kami sediakan," katanya.

Penyemprotan tersebut diselenggarakan TABIR dengan PT dilakukan dengan PT Agrimitra Utama Persada yang bergerak di perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) atau lebih dikenal dengan merek SMS.

"Kami ikut berpartisipasi sebagai bentuk kepedulian terhadap COVID-19 yang sedang mewabah," kata Direktur Utama PT Agrimitra Utama Persada Maria Anggita.