Mata Garuda LPDP Sumbar bersama PK-46 LPDP Sajayantara salurkan beasiswa pendidikan total Rp25 juta

id Berita Padang, padang terkini, LPDP Sumbar,beasiswa pendidikan

Mata Garuda LPDP Sumbar bersama PK-46 LPDP Sajayantara salurkan beasiswa pendidikan total Rp25 juta

Mata Garuda LPDP Sumbar bersama PK-46 LPDP Sajayantara salurkan beasiswa pendidikan total Rp25 juta (Antara/Ist)

Padang (ANTARA) - Mata Garuda Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Sumatera Barat bekerja sama dengan PK-46 LPDP Sajayantara akan menyalurkan beasiswa pendidikan untuk para siswa dan mahasiswa di Sumbar total Rp25 juta.

"Kami menamakan program tersebut Beasiswa Anak Nagari. Selain itu program beasiswa ini sudah yang kedua kalinya diadakan," kata Penyalu Beasiswa Anak Nagari Wahyu Suriani saat dihubungi dari Padang, Jumat.

Lebih lanjut ia mengatakan mengenai waktu pendaftaran beasiswa dimulai sejak 1 sampai 30 April 2020. Kemudian berkas pendaftaran akan diseleksi pada Juni 2020 dan penyerahan beasiswa pada Juli 2020.

Ia juga menyebutkan beasiswa tersebut akan disalurkan pada para siswa hingga mahasiswa yaitu mulai dari tingkat SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi.

"Untuk tingkat SD, beasiswa yang kami sediakan sebanyak Rp4.8 yaitu untuk enam penerima dengan kategori tiga siswa berprestasi dan tiga lainnya prasejahtera. Masing-masing mendapatkan beasiswa Rp800 ribu," kata dia yang merupakan salah seorang mahasiswi penerima beasiswa S2 LPDP.

Selanjutnya, ia menyebutkan tingkat SMP sekitar Rp6 juta, SMA Rp7,2 juta untuk enam penerima, dan perguruan tinggi Rp7 juta untuk lima penerima.

"Persyaratannya tidak terlalu sulit yaitu merupakan warga Sumbar dibuktikan dengan KTP, kartu pelajar, SIM, dan kartu indentitas lainnya," kata dia.

Lebih lanjut ia menyebutkan persyaratan berikutnya berupa mengisi formulir pendaftaran, mengirim surat keterangan tidak mampu dari kelurahan, surat rekomendasi dari sekolah, tokoh masyarakat, organisasi, dan kampus.

"Kemudian ada beberapa persyaratan khusus untuk perguruan tinggi yaitu mengirimkan surat keterangan tidak menerima beasiswa lain dari kampus, menulis esai dengan tema Aku dan Indonesia 10 Tahun ke depan, dan memiliki IPK 2.75 atau 3.50," kata dia.

Kemudian, ia mengatakan khusus untuk siswa SMA membuat video durasi satu menit atau menulis esai dengan tema Aku dan Indonesia 10 Tahun ke depan.

"Kalau siswa SD cukup memiliki nilai rata-rata minimal enam atau delapan bagi siswa yang berprestasi. Setelah itu semua berkas pendaftaran dikirim ke email lpdpsumaterabarat@gmail.com," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan para pendaftar juga harus mengisi formulir pendaftaran secara daring pada https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSeeGNYgFIpAjREv3LH4JNOn2gPFF2dr1KKTBKiMcBDLXxf0GQ/viewform?usp=sf_link.

Hanya pendaftar yang mengirimkan dokumen secara lengkap yang akan diseleksi. Aplikasi yang kurang lengkap dapat dilengkapi hingga batas waktu pendaftaran hingga 30 April 2020.

"Kemudian setelah pengiriman berkas akan ada wawancara yang akan dihubungi langsung oleh panitia atau panitia langsung mensurvei ke tempat masing-masing," kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan dana untuk beasiswa ini berasal dari salah satu program para mahasiswa penerima beasiswa LPDP se-Indonesia. Program tersebut berupa Menyapa Indonesia.

"Akan tetapi dana program PK-46 LPDP tersebut berlebih. Kemudian ketika ada peluang untuk diakses maka saya mencoba untuk mengakses dana tersebut dan bekerja sama dengan Mata Garuda LPDP Sumbar yang kebetulan sudah ada program beasiswa anak nagarinya," kata dia.

Ia berharap program yang digelar tersebut dapat membantu meringankan para siswa dan mahasiswa yang kurang mampu. Kemudian mampu meningkatkan semangat mereka untuk mewujudkan impian dan terus semangat menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar