UNP bentuk Satgas COVID-19 integrasikan dengan merdeka belajar

id Prof. Ganefri,UNP,UNP Padang,berita padang,berita sumbar,kampus sumbar,Satgas COVID-19 UNP,Ganefri

UNP bentuk Satgas COVID-19 integrasikan dengan merdeka belajar

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri (ANTARA/Agung Pambudi)

Padang, (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat membentuk Satuan Tugas (Satgas) mencegah penularan Coronavirus disease (Covid-19) yang diintegrasikan dengan gerakan merdeka belajar.

"Satgas COVID-19 UNP ini menyentuh tiga aspek yakni, akademik, kesehatan serta ekonomi dan semuanya berorientasi pada pencegahan penularan COVID-19," kata Rektor UNP, Prof. Ganefri saat dihubungi Antara, Rabu.

Ia menjelaskan, untuk aspek akademik dari Satgas COVID-19 itu adalah bagaimana sivitas UNP terlibat dalam proyek sosial pencegahan penularan COVID-19 dalam masyarakat yang dihargai sebagai proses pembelajaran dalam kaitannya dengan merdeka belajar.

Sementara untuk aspek ekonomi, Satgas difungsikan untuk bisa melibatkan mahasiswa-mahasiswa yang saat ini mengalami kesulitan secara finansial serta terlibat dalam mendukung peningkatan ekonomi masyarakat dalam kondisi terbatas saat ini.

"Sebagai contoh pembuatan masker di jurusan tata busana,mahasiswa dilibatkan serta diberdayakan dan itu dihargai sebagai proses pembelajaran karena meningkatkan skill mahasiswa tersebut," katanya.

Untuk aspek kesehatan, Satgas COVID-19 UNP baik dosen maupun mahasiswa terutama jurusan biologi dan kimi dikirim untuk dapat membantu tenaga laboratorium Fakultas Kedokteran Universitas Andalas.

"Ini juga sesuai dengan permintaan gubernur Sumbar, agar UNP dapat terlibat dalam laboratorium Unand untuk tes COVID-19," katanya.

Lebih lanjut Ganefri mengatakan, pihaknya saat ini juga menyusun dan membuat program pemberdayaan masyarakat yang terdampak COVID-19, terutama UMKM dari keluarga mahasiswa UNP.

"Satgas ini bertugas untuk meningkatkan peran sivitas UNP dalam masa preventif, kuratif dan rehabilitasi penyebaran COVID-19," katanya.

Ia menambahkan, seluruh kegiatan Satgas tersebut terintegrasi dengan program merdeka belajar yang telah dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim pada 2020 ini. (*)

Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar