Kejuaraan dunia atletik dipastikan digelar musim panas 2022 setelah Jadwal baru Olimpiade Tokyo jadi 2021

id atletik,world athletics,kejuaraan dunia atletik,corona

Kejuaraan dunia atletik dipastikan digelar musim panas 2022 setelah Jadwal baru Olimpiade Tokyo jadi 2021

Atlet lompat jauh Jamaika Tissanna Hickling beraksi saat kejuaraan dunia atletik 2019 di Doha, Qatar, 5 Oktober 2019. ANTARA FOTO/REUTERS/Dylan Martinez/pras.

Jakarta, (ANTARA) - World Athletics, federasi atletik dunia, memastikan kejuaraan dunia atletik akan diselenggarakan pada musim panas 2022 mendatang, setelah semula dijadwalkan pada 2021 di Eugene, Oregon, Amerika Serikat.

“Kejuaraan atletik dunia 100 persen akan digelar di Oregon pada musim panas 2022,” kata juru bicara World Athletics dikutip dari Reuters, Senin.

Sebelumnya, World Athletics membuat pernyataan bahwa pihaknya sedang mencari waktu yang tepat untuk melangsungkan kejuaraan dunia tersebut.

“Saat ini, kami bekerja sama dengan panitia penyelenggara di Oregon untuk menentukan tanggal pelaksanaan kejuaraan atletik dunia yang tepat di tahun 2022,” tulis pernyataan World Athletics.

Awalnya, kejuaraan dunia atletik dijadwalkan akan digelar pada 6 hingga 15 Agustus 2021.

Namun, World Athletics mengumumkan rencana perubahan waktu pelaksanaan kejuaraan dunia itu setelah Komite Olimpiade Internasional (IOC) beserta para pejabat Jepang memutuskan jadwal baru Olimpiade Tokyo 2020, yakni 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Olimpiade Tokyo ditunda pelaksanaannya pada tahun ini akibat pandemi COVID-19 atau virus corona yang telah menewaskan ribuan orang di berbagai belahan dunia.

“Perubahan jadwal olimpiade itu bisa menjadi waktu tambahan bagi atlet untuk mempersiapkan diri sebelum kembali berlatih dan mengikuti kompetisi. Seluruh pihak harus bersikap fleksibel dan bisa berkompromi,” kata pernyataan tersebut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Panitia Penyelenggara Oregon 21, para pemangku kepentingan dan rekan-rekan kami atas kerja sama dan kesediaannya untuk membahas seluruh opsi yang ada,” tambah World Athletics.

Sementara itu, belum ada tanggapan dari pihak panitia Oregon.

Minggu lalu, panitia Oregon hanya memastikan kesiapannya untuk menyelenggarakan kejuaraan atletik dunia.

“Kami bisa meyakinkan World Athletics untuk tetap bekerja sama dengan kami dan memastikan bahwa Oregon masih bisa menjadi tuan rumah kejuaraan atletik dunia pada tanggal alternative yang akan ditentukan selanjutnya,” sebut panitia Oregon.

Selain panitia Oregon, World Athletics juga mendiskusikan jadwal kejuaraan atletik dunia 2022 itu bersama dengan Commonwealth Games Federation dan penyelenggara Kejuaraan Eropa.

Kejuaraan Eropa rencananya akan digelar pada 26 hingga 30 Agustus 2020 di Paris. Sedangkan Commonwealth Games dijadwalkan mulai 27 Juli sampai 7 Agustus 2020 di Birmingham, Inggris. (*)