Sidang daring di Pengadilan Negeri Payakumbuh terkendala jaringan internet

id sidang secara daring,pengadilan negeri payakumbuh,covid-19

Sidang daring di Pengadilan Negeri Payakumbuh terkendala jaringan internet

Suasana sidang dalam jaringan (online) di Pengadilan Negeri Payakumbuh, Senin (30/3). (ANTARA/Akmal Saputra)

Payakumbuh (ANTARA) - Pengadilan Negeri Payakumbuh, Sumatera Barat, akan melakukan persidangan dalam jaringan (daring) untuk sidang perkara pidana mulai Senin (30/3) sampai beberapa waktu ke depan.

Ketua Pengadilan Negeri Payakumbuh Kurniawan Wijonarko di Payakumbuh, Senin mengatakan pelaksanaan sidang daring tersebut merupakan salah satu langkah dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona jenis baru atau COVID-19 di lingkungan PB Payakumbuh.

"Sidang dilaksanakan menggunakan sebuah monitor yang dipararelkan dengan terdakwa yang berada di Lapas Payakumbuh serta Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Kejaksaan Nageri Payakumbuh," ujarnya.

Sidang melalui daring ini, katanya secara resmi diberlakukan pada Senin (30/3) hingga beberapa waktu ke depan sampai situasi dianggap aman. Penerapan sidang melalui daring ini sesuai dengan Instruksi Dirjen Badan Peradilan Umum.

"Sidang online dengan cara teleconference ini baru hari ini kita laksanakan di PN Payakumbuh, ini sesuai dengan Instruksi Dirjen Badan Peradilan Umum. Dalam sidang ini dengan pihak-pihak terkait, Terdakwa dan JPU,” ujarnya

Pelaksanaan sidang daring dihari pertama ini , kata dia, sedikit terkendala oleh jaringan yang kurang baik.

"Tadi seperti yang rekan-rekan wartawan lihat, kendala kita di jaringan. Mudah-mudahan besok lebih baik," kata dia.

Selain melakukan sidang daring, PN Payakumbuh juga menyediakan hand sanitizer (cairan pembersih tangan) bagi warga yang datang mengurus keperluan.

Terpisah, Ketua DPC Peradi Kota Payakumbuh, Setia Budi mengatakan langkah yang diterapkan oleh PN Payakumbuh hal yang tepat melihat kondisi saat ini.

”Kita apresiasi penerapan sidang secara online yang telah diterapkan di PN Payakumbuh ini, sehingga seluruh elemen bekerja sama dalam mengantisipasi penyebaran Corona ini,” kata dia. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar