Padang akan tutup beberapa akses jalan masuk kota

id berita padang, berita sumbar, jalan,covid-19

Padang akan tutup beberapa akses jalan masuk kota

Petugas tim gabungan memeriksa kendaraan yang masuk kota di Jl Adinegoro, Padang, Sumatera Barat, Senin (30/3/2020). (antarasumbar/Ikhwan Wahyudi)

Berbagai pertimbangan dan kajian dilakukan mengingat volume kendaraan masuk cukup banyak,
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang akan menutup akses jalan pintu masuk kota untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona penyebab penyakit COVID-19.

"Untuk tahap awal ruas jalan yang bakal kita tutup adalah jalan Adinegoro di perbatasan Padang dengan Kabupaten PadangPariaman," kata Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa di Padang, Senin.

Menurut dia penutupan akses masuk ke pintu masuk Kota Padang dikaji teknik dan sistematika penutupan oleh Disnas Perhubungan setempat dan pemangku kepentingan terkait.

"Berbagai pertimbangan dan kajian dilakukan mengingat volume kendaraan masuk cukup banyak," ujar dia.

Selain itu Pemerintah Kota Padang juga akan menutup jalur masuk lainnya seperti jalan jalan Sutan Syahrir Mata Air dan Jalan Raya Lubuk Begalung mengarah ke Universitas Putra Indonesia (UPI).

"Untuk pertama ini, penutupan jalan kita fokuskan di jalan Adinegoro dulu," sebutnya.

Upaya ini dilakukan untuk mengurangi volume kendaraan yang masuk ke Kota Padang mengingat semakin hari jumlah masyarakat yang terjangkit COVID-19 semakin meningkat.

Sementara berdasarkan pantauan di Posko Kewaspadaan COVID-19 di Jalan Adinegoro pada Senin petugas yang terdiri atas tim gabungan memeriksa kendaraan yang masuk kota.

Pengendara dan penumpang yang berasal dari luar Padang dilakukan pendataan oleh petugas dan pemeriksaan suhu tubuh.

Selain itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan pada kendaraan.

Pada sisi lain berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kota Padang hingga Senin 30 Maret 2020 di Padang terdata 2.118 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, 102 orang dalam pengawasan, 8 orang pasien dalam pengawasan, 4 positif dan satu meninggal dunia.

--------