Sejumlah pemimpin negara sampaikan belasungkawa wafatnya Ibunda Presiden Jokowi

id Presiden Jokowi,Ibunda jokowi, ibunda presiden jokowi

Sejumlah pemimpin negara sampaikan belasungkawa wafatnya Ibunda Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo saat mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa G20 secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (26/3) malam. (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Muchlis Jr)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pemimpin negara menyampaikan rasa belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo, atas wafatnya Ibunda Presiden, Hj. Sudjiatmi Notomihardjo pada Rabu (25/3) lalu

Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Arab Saudi menyampaikan duka citanya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa G20 secara virtual, pada Kamis malam (26/3) waktu Indonesia, berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Media dan Informasi Sekretariat Presiden di Jakarta, Jumat.

Melalui surat resmi yang diterima Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden dari Kementerian Luar Negeri, para pemimpin negara yang juga menyampaikan belasungkawa, antara lain, Sultan Haji Hassanal Bolkiah dari Brunei Darussalam, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, Presiden Singapura Halimah Yacob, dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

“Dengan rasa berdukacita dan amat terharu mendengar berita mengenai kembalinya ke Rahmatullah Ibu kepada Tuan yang terutama. Beta ingin menyampaikan ucapan takziah dan simpati yang mendalam,” sebagaimana tertulis dalam surat dari Sultan Hassanal Bolkiah.

Selain itu, Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, Wakil Presiden sekaligus Perdana Menteri PEA Mohammed bin Rashid Al Maktoum, dan Putra Mahkota Abu Dhabi, PEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MbZ), juga turut menyampaikan belasungkawa.

“Kami turut berduka mendengar kepergian Ibunda Yang Mulia Bapak Presiden, kami turut bersimpati dan belasungkawa tulus kepada Yang Mulia Bapak Presiden, pemerintah Republik Indonesia dan keluarga Bapak Presiden,” ucap ketiga pemimpin PEA tersebut.

Selain melalui surat, Putra Mahkota Abu Dhabi MBZ juga sampaikan duka citanya melalui akun Twitternya.

“Saya berduka atas meninggalnya Ibunda teman saya, Joko Widodo, Presiden Indonesia. Saya sampaikan simpati yang mendalam untuk keluarga. Semoga Allah mengasihi Almarhumah, mengampuni, dan menjadikan Surga tempat peristirahatannya, dan keluarganya diberikan kesabaran dan ketabahan,” cuit MBZ melalui akun Twitternya.

Ungkapan belasungkawa juga datang dari Sultan Oman Haitham Bin Tarik, Perdana Menteri Bahrain Shaikh Khalifa Bin Salman Al Khalifa, Presiden Guinea-Bissau Umaro Sissoco Embalo dan Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin melalui akun Twitter resminya.

Ibunda Presiden, Sujiatmi Notomiharjo, meninggal dunia pada Rabu sore, (25/3) sekitar pukul 16.45 WIB di Solo, Jawa Tengah.

Ibunda Presiden Jokowi mengidap kanker selama empat tahun terakhir. Hal tersebut disampaikan langsung Presiden Jokowi di rumah duka pada Rabu malam.

"Ibu sudah empat tahun menderita sakit, yaitu kanker," kata Jokowi di Solo.

Menurutnya segala pengobatan sudah dilakukan. Terakhir, Ibunda Jokowi, diketahui menjalani pengobatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta.

"Sudah berusaha dan berikhtiar, tapi Allah menghendaki lain," ujar Jokowi.