48 orang pernah kontak dengan pasien posistif COVID-19 di Tanah Datar dikarantina

id Rapat bersama penanganan COVID-19,Tanah Datar,berita Tanah Datar,Tanah Datar terkini,berita sumbar

48 orang pernah kontak dengan pasien posistif COVID-19 di Tanah Datar dikarantina

Rapat bersama penanganan COVID-19 di Kabupaten Tanah Datar Jumat (27/3). (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar, (ANTARA) - Sebanyak 48 warga Tanah Datar, Sumatera Barat yang pernah melakukan kontak langsung dengan satu pasien positif COVID-19 sudah dikarantina secara mandiri.

"Mereka dikarantina secara mandiri di kediaman masing-masing dan tetap dipantau oleh tenaga medis," kata Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma di Batusangkar, Jumat.

Ia mengatakan saat ini gugus tugas penanganan COVID-19 Tanah Datar masih mencari tempat atau lokasi yang tepat jika dilakukan karantina terpadu.

Pemerintah daerah saat ini sedang menginventarisir aset pemerintah daerah yang bisa dijadikan lokasi karantina.

"Kita sudah mengusulkan untuk karantina di salah satu hotel di Tanah Datar, namun belum mendapatkan jawaban memuaskan," katanya.

Ia mengatakan karantina secara mandiri belum tentu efektif karena yang bersangkutan bisa saja bersentuhan dan berhubungan dengan orang lain, dan membutuhkan petugas yang banyak pula guna mengawasi orang yang dikarantina tersebut.

"Selain itu membutuhkan alat pelindung diri yang banyak bagi petugas," ujarnya.

Sementara data dari posko penanganan COVID-19 Tanah Datar diperoleh jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) per Jumat (27/3 sebanyak 116 orang, PDP 3 orang, positif satu orang, dan meninggal dunia nihil. (*)