Cegah corona, Lapas Muaro Padang terapkan komunikasi via "Video Call" bagi pembesuk narapidana

id Lapas Muaro Padang

Cegah corona, Lapas Muaro Padang terapkan komunikasi via "Video Call" bagi pembesuk narapidana

Salah seorang kerabat melakukan komunikasi via "Video Call" dengan warga binaan di dalam Lapas Padang sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19. (ANTARA/IST)

Padang, (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Muaro Padang, Sumatera Barat menerapkan komunikasi via "Video Call" bagi keluarga atau kerabat yang membesuk narapidana guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Saat ini keluarga atau kerabat tidak bisa berkomunikasi langsung dengan warga binaan, prosedur ini sudah diterapkan sejak minggu lalu," kata Kepala Lapas Padang Arimindi Padang, Jumat.

Ia mengatakan untuk mengakses komunikasi secara dalam jaringan (daring) itu masyarakat tinggal memberitahu ke petugas, sedangkan sarana serta prasarananya disiapkan oleh pihak Lapas.

Kendati membatasi komunikasi langsung, hingga saat ini Lapas Padang belum mengubah ataupun mengurangi jam besuk narapidana.

Pelayanan tetap dibuka setiap hari dengan pembagian waktu dari pukul 08.00 WIB-12.00 WIB, dan pukul 13.00 WIB-17.00 WIB.

Bagi keluarga atau kerabat yang membawakan makanan harus melalui pemeriksaan suhu tubuh, dan disemprot desinfektan pada kotak steril.

Mereka juga harus membersihkan tangan menggunakan hand sanitizer yang telah disedikan.

"Prosedur demikian juga berlaku bagi para pegawai dan siapapun yang ingin masuk ke Lapas," katanya.

Pada bagian lain, pihak Lapas juga berupaya menjaga kesehatan dengan memberikan sabun serta vitamin kepada warga binaan sebanyak 996 orang.

Selain itu juga menggiatkan olahraga dan berjemur pagi, dan menyiagakan dokter serta tenaga medis setiap hari.

Ia membeberkan sampai saat ini belum ada warga binaan yang mengeluhkan sakit seperti gejala COVID-19. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar