SMPN 4 Pariaman Gelar Muhasabah Jelang UN

id SMPN 4 Pariaman Gelar Muhasabah Jelang UN

Pariaman, (Antara) Guna meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri para siswa jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat pada 22 April besok, SMPN 4 Pariaman, Sumatera Barat menggelar muhasabah dan doa bersama, Jumat (19/4).

"Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri siswa dari sisi spritualnya, semoga siap lahir bathin," kata Kepala SMPN 4 Kota Pariaman Nirmala Aswita, di Pariaman.

Dia menjelaskan, muhasabah tersebut adalah bagian dari rangkaian persiapan sekolah, di samping persiapan lainnya.

"Sebelumnya, persiapan lain, seperti pelaksanaan ujian pra-UN, try-out, dan bimbingan konseling juga dilakukan," katanya.

Muhasabah dan doa bersama yang diikuti seluruh siswa kelas 9 SMPN 4 Kota Pariaman tersebut diwarnai isak tangis sejumlah siswa, terutama saat ustaz Rahmatul menyampaikan tausiyah.

Menurut Nirmala, kegiatan tersebut merupakan agenda rutin yang digelar pihak sekolah menyambut pelaksanaan UN setiap tahunnya.

"Ini adalah agenda tahunan, 179 siswa kelas 9 yang akan UN hadir," katanya.

Salah seorang peserta muhasabah, Fitrah Tri Mulia (15) berharap bisa mendapatkan hasil terbaik dalam pelaksanaan UN tahun ini.

"Persiapannya sudah jauh-jauh hari, kami dibantu dengan belajar tambahan. Ini adalah tambahan persiapan rohaniahnya, mendekatkan diri dengan Tuhan, semoga bisa lulus dengan hasil terbaik," katanya.

Senada dengan itu, pihak sekolah berharap, kelulusan 100 persen siswa kelas 9 SMPN 4 Kota Pariaman sejak tahun 2010 lalu bisa dipertahankan pada tahun ini.

"Sejak tiga tahun lalu, siswa kami lulus 100 persen, semoga tahun ini juga," kata Nirmala.

Sementara itu, ketika ditanya soal kekacauan distribusi soal dalam pelaksanaan UN tingkat SMA sederajat di beberapa daerah di Indonesia, Nirmala berharap kejadian itu tidak terjadi pada UN tingkat SMP besok.

"Mudah-mudahan tidak terjadi, karena hal itu akan memengaruhi mental para siswa," katanya. (**/naa/wij)
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar