Pemkab Pesisir Selatan siapkan Wisma Atlet untuk isolasi pasien COVID-19

id Rinaldi,Pesisir Selatan,Wisma Atlet,isolasi pasienCOVID-19,berita sumbar

Pemkab Pesisir Selatan siapkan Wisma Atlet untuk isolasi pasien COVID-19

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir SelatanĀ Rinaldi. (ANTARA/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat menyiapkan wisma atlet yang berada di GOR Ilyas Yakub sebagai tempat isolasi bagi warga daerah setempat yang suspect virus Corona jenis baru atau COVID-19.

"Mengisolasi mereka yang suspect merupakan bagian dalam upaya memutus penyebaran virus," kata Kepala Bagian Humas dan Protokoler Pesisir SelatanRinaldi di Painan, Kamis.

Saat ini, jelasnya sebanyak 13 warga masuk dalam daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan tiga orang masuk dalam daftar Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Jika dibanding data pada Rabu (25/3) jumlah ini naik, karena ODP waktu itu hanya tercatat 11 orang, danPDP sama yakni tiga orang.

"Meski belum ada yang positif, namun langkah antisipasi tetap harus dilakukan dengan maksimal," katanya.

Terkait anggaran penanganan virus COVID-19 pemkab setempat mengalokasikan sebesar Rp2,6 miliar, anggaran dialokasikan untuk pembelian peralatan dan operasional posko penanganan COVID-19.

Beberapa langkah pencegahan juga terus dilakukan di antaranya mengoperasikan posko pengecekan di perbatasan daerah setempat dengan Kota Padang, Bengkulu dan juga Jambi.

"Di posko pengecekan petugas memeriksa setiap orang yang masuk ke Pesisir Selatan dengan mengecek kesehatan secara langsung dan juga mewawancarai," imbuhnya.

Penyemprotan disinfektan juga telah dilakukan di banyak titik di daerah setempat, kegiatan ini juga dilakukan secara swadaya oleh beberapa kelompok masyarakat. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar