Sebagian ASN di Kabupaten bekerja dari rumah

id bekerja dari rumah,gusmal,asn bekerja dari rumah

Sebagian ASN di Kabupaten bekerja dari rumah

Rapat pencegahan virus corona di Kabupaten Solok beberapa waktu yang lalu. (ANTARA/HO)

​​​​​​​Arosuka (ANTARA) - Bupati Solok, Sumatera Barat, Gusmal akhirnya mengeluarkan kebijakan untuk menerapkan kerja dari rumah bagi sebagian ASN yang tidak melakukan pelayanan langsung ke masyarakat, seperti Dinas Pertanian, Badan Keuangan Daerah dan lainnya.

"Sebagian ASN akan bekerja dari rumah dengan instruksi masing-masing Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD)," kata dia melalui Kabag Humas, Syofiar Syam di Arosuka, Selasa.

Sebagian ASN -- sekitar 50 persen yang termasuk pejabat fungsional umum dan tenaga harian lepas-- yang tidak melayani langsung akan tetap masuk di OPD masing-masing.

Ia menjelaskan dalam keadaan yang mendesak ASN yang bekerja di rumah dapat dipanggil kembali ke kantor untuk melaksanakan tugas.

ASN yang bekerja di rumah, dapat mengoptimalkan atau memanfaatkan teknologi informasi (e-mail, whatsapp, e-kinerja, video conference, dan aplikasi lainnya).

Sedangkan untuk dinas seperti BPBD, Satpol PP dan Damkar, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu dan Tenaga Kerja, dan RSUD, para pegawainya tetap bekerja seperti biasanya.

"Tapi tetap harus memperhatikan batasan pelayanan tatap muka, mengurangi kontak dengan masyarakat," sebutnya.

Kemudian untuk pegawai di tingkat kecamatan atau kelurahan dapat menugaskan sekitar 50 persen pegawainya secara bergiliran dengan pengaturan dari Camat atau Wali Nagari masing-masing.

Menurutnya, untuk pengambilan absensi pegawai yang bekerja dari rumah, diinput melalui operator kategori Work For Home (WFH).

"Untuk pegawai yang masuk ke kantor, absensi berlaku seperti biasanya," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar