Pariaman siapkan Rp2 miliar untuk pencegahan COVID-19

id syahrul,Dinas Kesehatan Kota Pariaman,berita Pariaman,Pariaman terkini,berita sumbar,penanganan covid-19,corona

Pariaman siapkan Rp2 miliar untuk pencegahan COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul memasang stiker edukasi pencegahan COVID-19. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

Pariaman, (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat menyiapkan anggaran sebesar Rp2 miliar untuk mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19 di daerah itu.

"Kami sedang mengubah dana insentif daerah (DID) untuk penanganan bencana COVID-19 ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman Syahrul di Pariaman, Selasa.

Ia mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk membeli alat pelindung diri (APD) dan operasional petugas yang ada di lapangan.

Pembelian APDdiperlukan karena pihaknya masih kekurangan alat tersebut dan selama ini pihaknya hanya memiliki masker serta sarung tangan.

"Jika wabah ini berlanjut maka tentu persediaan tidak mencukupi," katanya.

Besaran dana yang dialoksikanRp2 miliar untuk pencegahan COVID-19 itu diperkirakan mencukupi hingga dua hingga tiga bulan ke depan.

Selain menggunakan DID, lanjutnya pihaknya juga menggunakan dana alokasi khusus untuk membangun ruang isolasi skala kecil di RSUD dr. Sadikin guna mengantisipasi ada warga yang suspect.

"Ruang isolasinya memang tidak standar tapi paling tidak bisa memisahkan pasien yang suspect dengan pasien lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pariaman Fitri Nora mengatakan pihaknya siap mendukung langkah eksekutif untuk mengubah anggaran guna penanganan pencegahan penyebaran COVID-19 di daerah itu.

"Jangankan Rp2 miliar, Rp20 miliar pun kami dukung," kata dia.

Ia menyampaikan DPRD siap membantu menyosialisasikan kepada warga terkait COVID-19 sehingga warga mau mengikuti imbauan yang telah dikeluarkan pemerintah. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar